4 Rekor CR7 di 2021

4 Rekor Luar Biasa yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo Tahun 2021

Bola.com 2021-10-14 19:00:00
Manchester United - Ilustrasi Gol Cristiano Ronaldo (Bola.com/Adreanus Titus)

Cristiano Ronaldo terus menorehkan rekor demi rekor. Meski usianya telah berkepala tiga, tampaknya striker Manchester United itu tak henti-hentinya membuat kagum para penikmat sepak bola.

Cristiano Ronaldo kali pertama melakoni debut profesionalnya di lapangan sepak bola pada 2002 silam. Ia bermain untuk Sporting Lisbon sebelum Sir Alex Ferguson, mantan manajer Manchester United mencium bakatnya.

CR7 lantas diboyong dan menjelama menjadi satu dari sekian pemain terbaik dunia. Tak cuma di level klub saja, pemain berusia 36 tahun itu juga memiliki catatan impresif di Timnas Portugal.

Cristiano Ronaldo diyakini masih akan terus mengukir rekor. Saat ini, Ronaldo diambang menorehkan catatan spesial 800 gol.

Ronaldo bisa 'memilih' kapan akan mencapai torehan 800 gol sepanjang karier profesional. Jika ingin momen itu dikenang dengan sangat manis, Cristiano Ronaldo bisa memilih mencapainya saat melawan Liverpool atau Manchester City.

Skenarionya begini. Jika ingin mencapai 800 gol saat berjumpa Liverpool, Ronaldo harus mencetak dua gol pada tiga laga ke depan (Leicester City, Atalanta, dan Liverpool).

Nah, jika ingin mencetak 800 gol saat melawan Man City, Ronaldo harus rutin mencetak satu gol pada enam laga ke depan. Jadi, mau pilih mencetak gol ke-800 di gawang Liverpool atau Man City, Cristiano Ronaldo? Atau bahkan lebih cepat?


Golden Boot Liga Italia

Juventus memang tampil mengecewakan musim lalu di bawah asuhan Andrea Pirlo, finis di urutan keempat klasemen akhir Serie A. Namun, Cristiano Ronaldo berada dalam performa sensasional.

Dia menggeser superstar seperti Romelu Lukaku dari Inter Milan dan Ciro Immobile dari Lazio dalam hal mencetak gol di Serie A, juga dikenal sebagai Capocannoniere. Ronaldo mencetak 29 gol liga musim lalu dalam 33 penampilan untuk memenangkan penghargaan tersebut.

Terlepas dari eksploitasi Ronaldo, Juventus berjuang baik di dalam negeri maupun di Liga Champions. Ronaldo sering dikritik karena penampilan Juventus, tetapi pemain berusia 36 tahun itu bisa dengan tepat menunjukkan angka-angka pencetak golnya.

Juventus sekarang mulai menemukan kaki mereka di bawah Massimiliano Allegri, sementara Ronaldo telah kembali ke Manchester United.


Golden Boot Euro 2020

Juara bertahan Portugal tersingkir dari Babak 16 Besar di Euro 2020 musim panas ini. Mereka disingkirkan Belgia di babak 16 besar.

Meskipun timnya tersingkir, Ronaldo mengakhiri Euro sebagai pencetak gol terbanyak bersama. Baik Ronaldo maupun pemain Republik Ceko Patrik Schick mencetak lima gol dalam kompetisi tersebut.

Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan pencetak gol terbanyak, karena ia juga memberikan assist. Di Euro terakhirnya sebagai pemain, Ronaldo menikmati turnamen kelas dunia di level individu.


Top Scorer Euro Sepanjang Masa

Cristiano Ronaldo menikmati kampanye Euro 2020 yang luar biasa, memecahkan banyak rekor selama turnamen.

Dia memasuki turnamen dengan jumlah gol terbanyak dalam sejarah Euro, dengan sembilan gol, sejajar dengan Michel Platini. Pemain berusia 36 tahun itu mencetak lima gol musim panas ini untuk menambah jumlah golnya menjadi 14, yang dengan nyaman membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Kejuaraan Eropa.

Ronaldo, yang melakukan debut Euro pada tahun 2004, adalah pemain pertama yang mencetak gol di lima Kejuaraan Eropa yang berbeda. Tidak ada orang lain yang melakukan lebih dari tiga.


Top Scorer Sepanjang Masa untuk Tim Nasional

Prestasi Cristiano Ronaldo berbicara sendiri. Baik untuk klub maupun negara, pemain internasional Portugal itu selalu tampil bagus saat dibutuhkan.

Konsistensinya sangat mencengangkan. Di level internasional, Ronaldo kini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sepak bola pria. Pemain berusia 36 tahun ini telah mencetak 115 gol dalam 182 penampilan untuk Portugal sejak debutnya pada tahun 2003. Dia melampaui rekor pemain Iran Ali Daei (109) untuk mengklaim rekor tersebut.

Dua golnya melawan Republik Irlandia awal tahun ini membuatnya memecahkan rekor. Ronaldo masih kuat di level tertinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda melambat dalam waktu dekat.

Sumber: Sportskeeda

Lord Lingard Laris Manis

Liga Inggris: Jesse Lingard Laris Manis, Diperebutkan Barcelona dan AC Milan Plus Masuk Radar Newcastle United

Bola.com 2021-10-14 17:45:42
Jesse Lingard - Pemain jebolan akademi Manchester United sempat menjalani masa peminjaman ke West Ham pada musim lalu. Namun karena mampu tampil apik bersama The Hammers akhirnya Setan Merah

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, laris manis. Dua klub raksasa Eropa, Barcelona dan AC Milan dikabarkan akan berada di antrean terdepan jika Lingard memutuskan hengkang dari Old Trafford secara gratisan pada musim panas 2022.

Jesse Lingard menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Manchester United pada bulan lalu. Artinya, dia punya opsi mempertimbangkan beberapa opsi terkait masa depannya.

Gelandang berusia 8 tahun tersebut tampaknya ingin melihat dulu seberapa banyak waktu bermain yang diberikan sang manajer, Ole Gunnar Solskjaer, kepada diriya. Menit bermain Lingard memang terancam menyusul kedatangan Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho.

Lingard ingin memaksimalkan peluangnya masuk ke skuad Timnas Inggris yang ditangani Gareth Southgate untuk Piala Dunia 2022.

Melihat kondisi sekarang, Jesse Lingard tampaknya akan menghabiskan sisa kontraknya hingga Juni dan pergi dengan status bebas transfer, mengakhiri hubungan dengan Manchester United yang telah berlangsung lebih dari 20 tahun.


Keputusan di Tangan Lingard

Solskjaer sebenarnya ingin mempertahankan Lingard. Namun, Manchester United belum bisa membuat penawaran yang lebih baik atau bahkan mencoba menjualnya pada Januari.

Namun, keputusan akhir akan berada di tangan sang pemain. Solskajer sudah bisa membuka pembicaraan dengan klub luar Inggris sejak 1 Januari 2022.

AC Milan dan Barcelona dikabarkan sangat tertarik memakai jasa sang pemain, yang dipinjamkan ke West Ham United pada paruh kedua musim lalu.


Masuk Radar Newcastle United

Newcastle United dilaporkan juga memasukkan penyerang Manchester United, Jesse Lingard ke dalam daftar target transfer mereka. Setan Merah, di sisi lain, siap melepasnya dengan harga murah.

Pemain Timnas Inggris itu bersinar ketika berstatus pinjaman di West Ham United musim lalu. Tetapi The Hammers gagal mengontraknya secara permanen musim panas ini.

Jesse Lingard dikabarkan tertarik untuk bertahan. Namun, ia membutuhkan jaminan dari Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih agar dirinya bisa tampil secara reguler buat Manchester United.

Manchester United tahu bahwa posisinya sama sekali tidak menguntungkan kalau Lingard sampai tidak memperpanjang kontrak. Oleh karenanya, mereka dikabarkan bersedia melepas Lingard dengan harga murah.

Dilansir dari Mirror, Manchester United cuma mematok angka 15 juta pounds buat Lingard. Penurunan yang signifikan dari musim panas kemarin, di mana mereka memasang harga 25 juta pounds untuk sang pemain.

Sumber: Mirror, Daily Mail


Yuk Tengok Posisi Manchester United

5 Rekrutan Terakhir Alex Ferguson di MU

Foto: 5 Rekrutan Terakhir Manchester United di Era Alex Ferguson, Menyisakan David De Gea

Bola.com 2021-10-15 16:33:00
Sir Alex Ferguson membesut Manchester United total selama 26 tahun. Telah banyak pemain yang didatangkannya hingga ia pensiun pada akhir musim 2012/2013. Tercatat ada 5 pemain yang didatangka
Sir Alex Ferguson membesut Manchester United total selama 26 tahun. Telah banyak pemain yang didatangkannya hingga ia pensiun pada akhir musim 2012/2013. Tercatat ada 5 pemain yang didatangkannya di masa-masa akhir ia menangani Setan Merah. Siapa dan di mana kini? (AFP/Andrew Yates)
Wilfried Zaha. Didatangkan Alex Ferguson pada Januari 2013 sebagai rekrutan terakhir, tak sekalipun ia bermain hingga Sir Alex pensiun di akhir musim. Hanya bermain 4 kali di musim 2013/2014, ia sempat dipinjamkan ke Cardiff City hingga akhirnya kembali ke Crystal Palace. (AFP/Adrian Dennis)
Shinji Kagawa. Ia didatangkan Alex Ferguson dari Borussia Dortmund di musim terakhirnya membesut Setan Merah pada 2012/2013. Total tampil 26 laga dengan mencetak 6 gol dan 6 assist. Pada 2014/2015 ia kembali ke Dortmund hingga 2018/2019. Kini ia bermain bersama PAOK di Yunani. (AFP/ANP/Tom Bode)
Frederic Veseli. Ia didatangkan Alex Ferguson dari Manchester City pada batas transfer musim dingin 2011/2012. Nyatanya ia tak sekalipun bermain hingga Sir Alex pensiun di akhir musim 2012/2013. Pada awal 2013/2014 ia dilepas ke Ipswich Town. Kini ia bermain bersama Salernitana. (AFP/Miguel Medina)
Ashley Young. Ia sempat ditangani Alex Ferguson selama dua musim sejak awal kedatangannya dari Aston Villa pada 2011/2012. Ia mampu tampil dalam 56 laga di bawah asuhan Sir Alex dan terus bertahan hingga pertengahan musim 2019/2020 hingga hijrah ke Inter Milan dan Aston Villa. (AFP/Miguel Medina)
David De Gea. Satu-satuya pemain yang masih membela Manchester United sejak didatangkan Alex Ferguson pertama kali pada 2011/2012. Hingga kini ia telah tampil dalam 450 laga di bawah mistar gawang Setan Merah dengan mencatat 156 kali clean sheet dan kebobolan 472 gol. (AP/Jon Super)

Terima kasih Papua, Torang Bisa!

Foto: PON XX Papua Usai, Sampai Jumpa Tahun 2024 di Ufuk Barat Indonesia

Bola.com 2021-10-15 23:12:10
Kemeriahan kembang api menutup rangkaian perhelatan Pekan Olah Raga (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021). (PBPON XX PAPUA/Hariandi Hafid)
Kemeriahan kembang api menutup rangkaian perhelatan Pekan Olah Raga (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Jumat (15/10/2021). (PBPON XX PAPUA/Hariandi Hafid)
Gubernur Papua, Lukas Enembe mengucapkan salam perpisahan dengan mengatakan "Kita akan berpisah di ufuk timur matahari terbit, Tanah Papua. Kita akan berjumpa lagi dalam PON XXI di ufuk barat matahari terbenam yaitu Aceh dan Sumatra Utara." (PBPON XX PAPUA/Silvester)
Selanjutnya Ketua KONI menyerahkan estafet tuan rumah PON 2024 kepada Provinsi Aceh dan Sumatra Utara yang diwakilkan masing-masing Gubernur. (PBPON XX PAPUA/Erly Bahtiar)
Jabar menjadi juara dengan 133 medali emas, 105 medali perak, dan 88 perunggu. DKI di posisi kedua dengan 110 medali emas, 91 perak, dan 100 perunggu. Di posisi ketiga, Jatim dengan 110 medali emas, 89 perak, dan 88 perunggu. (PB PON XX Papua/Charlie Lopulua)
PON 2021 Papua berjalan dengan lancar dan membuktikan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan ajang olahraga terbesar di dalam negeri di tengah pandemi COVID-19. (PB PON XX PAPUA/Yustha Corithaca)
Penutupan PON Papua 2021 juga diramaikan oleh Noah, dengan lagu andalan mulai dari "Separuh Aku", "Wanitaku", sampai "Khayalan Tingkat Tinggi." (PB PON XX Papua/Charlie Lopulua)
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan sambutan sekaligus menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021) . (PB PON XX PAPUA/M Solihin)

Cerita Ganda Dadakan Ahsan/Daniel

Piala Thomas 2020: Kisah di Balik Lahirnya Pasangan Dadakan Mohammad Ahsan / Daniel Marthin

Bola.com 2021-10-14 16:30:30
Pasangan Indonesia, Mohammad Ahsan/Daniel Marthin saat tampil melawan wakil Chinese Taipei di ajang Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Rabu (13/10/2021). (Badmintonphoto/Yves

Tim bulutangkis Indonesia memberikan kejutan pada pertandingan terakhir Grup A Piala Thomas 2020 kontra Chinese Taipei, Rabu (13/10/2021). Di luar dugaan Indonesia menurunkan ganda dadakan, Mohammad Ahsan/Daniel Marthin.

Mohammad Ahsan/Daniel Marthin turun sebagai ganda kedua. Sayangnya pasangan tersebut tak berhasil menyumbang angka bagi tim Indonesia. Ganda racikan baru ini kurang dipayungi keberuntungan saat dikalahkan Lu Ching Yao/Yang Po Han di partai keempat antara Indonesia melawan Chinese Taipei.

Pada pertandingan penyisihan terakhlr Grup A kejuaraan bulutangkis beregu putra Piala Thomas 2020, Ahsan/Daniel takluk lewat pertarungan ketat nan dramatis di Ceres Arena. Wakil Indonesia itu kalah 20-22, 21-17, 21-23 dalam durasi 78 menit.

"Kurang hoki saja," komentar pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi soal penampilan Ahsan/Daniel, seperti dikutip dari rilis PBSI.

Pertarungan antara Ahsan/Daniel melawan Lu Ching Yao/Yang Po Han yang merupakan pasangan rangking 22 dunia berlangsung sengit dan ketat. Dari awal sampai terakhir begitu menegangkan. Dua angka terakhir lawan didapat karena lawan lebih nekad dan ada faktor keberuntungan.

"Kami sudah mencoba yang terbaik di lapangan. Kekalahan ini harus diterima. Kami sudah berjuang keras, hanya kurang beruntung di poin-poin terakhir," sebut Ahsan selepas laga.

Daniel pun mengamini pernyataan seniornya. "Kami hanya kurang beruntung di angka-angka tua. Kami sudah maksimal berjuang di lapangan," timpal Daniel.

Lalu, bagaimana sebenarnya cerita di balik pasangan dadakan Mohammad Ahsan/Daniel Marthin tersebut?


Demi Taktik

Pada pertandingan kontra Chinese Taipei, peran ganda pertama tak seperti biasanya diberikan kepada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Mereka dianggap punya peluang mengalahkan ganda putra terkuat Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin, meski akhirnya kalah.

Ganda kedua jelas peringkatnya harus di bawah Fajar/Rian. Pasangan yang tersedia hanya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Menurunkan Leo/Daniel sebagai ganda kedua di partai penentuan, terlaku riskan. Alasannya, pengalaman dan jam terbang juara Kejuaraan Dunia Junior 2019 ini belum kaya.

Akhirnya, setelah latihan terakhir pada Selasa (12/10/2021) petang, Herry berdiskusi dengan para pemain. Dia meminta Daniel memilih siapa yang akan mendampingi untuk tampil sebagai ganda kedua.

Opsi yang tersedia hanya pada Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan, Ahsan atau Leo. Sementara Kevin Sanjaya kurang segar kondisinya.

"Daniel akhirnya memilih Ahsan. Ya sudah, saya putuskan mereka sebagai pasangan kedua. Sebagai pasangan mereka juga bisa tampil bagus saat latihan di Pelatnas Cipayung dan selama di Aarhus," sebut Herry.


Kesan Mohammad Ahsan

Bagaimana kesan Mohammad Ahsan ketika berduet dengan juniornya? Sebagai pasangan baru, Ahsan menyebut dirinya bisa berkomunikasi dengan baik bersama Daniel.

"Kami saling mendukung dan memberi masukan. Meski Daniel itu junior saya, dia juga bisa memberi masukan ke saya," sebut Ahsan.

Meski Fajar/Rian dan Ahsan/Daniel kalah, Indonesia berhasil memenangi laga kontra Chinese Taipei. Poin kemenangan disumbangkan oleh tiga tunggal putra yang diturunkan, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Penasaran Pose Cakar Asnawi dan Coach STY

Timnas Indonesia U-23: Netizen Penasaran Pose Cakar Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam, Oh Ini Maksudnya

Bola.com 2021-10-15 12:30:00
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong bersama Asnawi Mangkualam berpose cakar. (Instagram Shin Tae-yong).

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengunggah dua foto dengan gaya menyerupai mencakar. Netizen pun bingung. Apa maksudnya?

Shin Tae-yong memposting dua foto dengan pose mencakar dalam akun Instagramnya, @shintaeyong7777 pada Kamis (14/10/2021).

Shin Tae-yong mengunggah foto dengan gaya mencakar bareng tim kepelatihan Timnas Indonesia U-23 dan Asnawi Mangkualam setelah tiba di Tajikistan.

Timnas Indonesia U-23 berada di Tajikistan untuk mengikuti Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 dengan menghadapi Australia sebagai lawan tunggal.

Sejumlah netizen menduga bahwa pose mencakar Shin Tae-yong itu bermakna sebagai jargon seperti 'Cakar Garuda', "Menerkam Australia", hingga "Macan Asia'.

Ternyata, tebak-tebak buah manggis dari netizen melenceng jauh dari kebenarannya. Arti dari gaya mencakar Shin Tae-yong tidak ada sangkut pautnya dengan Timnas Indonesia U-23.


Nova Arianto Jelaskan Gaya Mencakar Nova Arianto

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto mengungkapkan makna dari pose cakar Shin Tae-yong yang berhasil membuat netizen penasaran itu.

Nova Arianto juga mengikuti gaya mencakar itu dalam foto bersama Shin Tae-yong dan staf pelatih Timnas Indonesia U-23 yang lain.

"Soal gaya itu, coach Shin Tae-yong yang paham," kata Nova Arianto kepada Bola.com, Kamis (14/10/2021).

"Namun, yang saya dengar, pose itu adalah kampanye kepedulian untuk kucing-kucing liar di jalanan," imbuhnya.

Nova Arianto juga memastikan bahwa gaya mencakar Shin Tae-yong tidak berkaitan dengan slogan Timnas Indonesia U-23. "Bukan kok," jelasnya.


Unggahan Gaya Mencakar Shin Tae-yong


Netizen Bingung dengan Pose Mencakar Shin Tae-yong

Permintaan Iwan Bule ke Timnas

Permintaan Khusus Iwan Bule kepada Timnas Indonesia U-23 yang Sedang Diterjang Suhu Dingin di Tajikistan

Bola.com 2021-10-15 10:10:00
Timnas Indonesia U-23 sedang berlatih di Tajikistan. (PSSI).

Timnas Indonesia U-23 telah sampai di Tajikistan pada Kamis (14/10/2021). Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mempunyai permintaan khusus terhadap Witan Sulaeman dkk.

Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu berharap para pemain, tim pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U-23 dapat menjaga kesehatan di tengah cuaca dingin di Tajikistan.

Saat ini, suhu di Tajikistan berkisar 13-16 derajat celcius, berbanding terbalik dengan kondisi di Indonesia yang suhu rata-ratanya 27,1 derajat celcius per September 2021 berdasarkan keterangan dari BMKG.

"Mochamad Iriawan meminta semua pemain, ofisial, dan staf pelatih Timnas Indonesia U-23 untuk menjaga kesehatan selama di Tajikistan. Iriawan tidak ingin ada pemain yang sakit," tulis PSSI dalam narasi pemberitaannya, Kamis (14/10/2021).

"Iriawan beralasan karena di Tajikistan kini suhunya berkisar 13-16 derajat celcius. Untuk ukuran di Indonesia, suhu tersebut termasuk dingin. Itu sebabnya, Iwan Bule ingin semua pemain bisa menjaga fisik mereka," lanjut narasi tersebut.


Harapan Iwan Bule

Iriawan juga menuntut para pemain Timnas Indonesia U-23 untuk menjaga kondisi fisik di Tajikistan. Sebab, Iwan Bule berharap tim berjuluk Garuda Muda itu dapat bermain maksimal di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

"Alhamdulillah, mereka semua sudah berada di Tajikistan dan sudah berlatih. Saya percaya mereka adalah pemain profesional yang bisa menjaga fisik," imbuh Iriawan.

"Saya juga ingin fisik mereka terus meningkat dan pada saat pertandingan, bisa menunjukkan penampilan terbaik mereka," tutur purnawirawan kepolisian tersebut.


Tinggal Lawan Australia

Timnas Indonesia hanya akan menghadapi Australia pada Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Tajiksitan pada akhir Oktober 2021.

Grup G terpaksa tinggal menyisakan dua peserta menyusul mundurnya Brunei Darussalam pada September 2021, diikuti penarikan diri China secara mendadak belum lama ini.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan bertarung dengan Australia dalam dua leg pada 27 dan 30 Oktober 2021 di Pamir Stadium, Dushanbe, Tajikistan.


29 Pemain Timnas Indonesia U-23

Kiper

Bek

Gelandang

Penyerang


Jadwal Timnas Indonesia U-23

27 Oktober 2021

30 Oktober 2021

Witan Makin Matang

Timnas Indonesia U-23 Bisa Berharap Banyak pada Witan Sulaeman, Bintang Muda dengan Segudang Pengalaman

Bola.com 2021-10-15 09:45:00
Ilustrasi - Witan Sulaeman (Bola.com/Adreanus Titus)

Pelatih Timnas Indonesia U-23 dan senior, Shin Tae-yong, telah sedang menyiapkan para pemain untuk menjalani Kualifikasi Piala Asia U-23 2023 dan Piala AFF 2020. Sejauh ini, dari beberapa nama tenar yang tidak dibawa dalam persiapan skuad U-23, ada sosok Witan Sulaeman.

Selain Witan Sulaeman, ada Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Syahrian Abimanyu yang urung diangkut ke Tajikistan dalam persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-23 2023. Akan tetapi, kans mereka untuk bergabung cukup besar.

Keempatnya merupakan pemain yang berkarier di luar negeri. Karena uji coba kontra Tajikistan di luar kalender FIFA, pihak klub tidak memberikan izin kepada para pemain tersebut untuk mengikuti kegiatan Timnas Indonesia U-23, terlebih Saddil yang saat ini sedang dalam proses pemulihan cedera.

Bola.com menyoroti permainan Witan Sulaeman yang makin matang dari waktu ke waktu. Winger Lechia Gdansk itu juga bermain apik, mencetak satu gol kala Timnas Indonesia memecundangi Chinese Taipei 3-0 dalam leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2022.

Ia merupakan senjata utama pelatih Shin Tae-yong di posisi sayap kanan sejak di Timnas Indonesia U-19. Posisi Witan hampir tidak tergeser selama mengikuti pemusatan latihan dan laga uji coba di Kroasia.

Witan Sulaeman memiliki kelincahan, kecepatan berlari, dan tembakan akurat sehingga sering dipercaya pelatih Shin Tae-yong. Menarik untuk melihat kiprah Witan bersama Timnas Indonesia U-23 dalam waktu dekat dan senior pada masa-masa mendatang.


Flamboyan di Lini Tengah

Witan Sulaeman menjadi satu di antara pemain tengah potensial yang dimiliki Indonesia saat ini. Bakat dan kemampuannya sudah terlihat sejak lama, hingga ia menjadi andalan lini tengah Timnas di beberapa ajang kelompok usia.

Di perhelatan SEA Games 2019 di Filipina, satu slot gelandang di Timnas Indonesia menjadi miliknya. Dia berperan apik di sisi sayap kanan permainan. Ia juga lama digembleng Shin Tae-yong seperti dalam pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia tahun lalu.

Kualitas paling menonjol dari seorang Witan Sulaeman adalah kecepatan menyisir dari pinggir permainan, skill dan dribel menawan, serta naluri menyerang pertahanan lawan. Hal yang sering dilakukannya dalam beberapa uji coba bersama Timnas Indonesia saat TC di Kroasia.

Witan Sulaeman semakin matang dalam kariernya di klub. Meski sempat setengah musim menjalani kerasnya Liga 2 bersama PSIM Yogyakarta pada 2019, kini kiprahnya semakin melejit. Kini ia bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Serbia, FK Radnik Surdulica.


Debut Lawan Timnas Brasil U-20, Mencuat di Piala AFF U-18 2017

Witan Sulaeman adalah pemain muda Indonesia kelahiran Palu yang pernah bermain untuk klub PPLP Ragunan dan Timnas Indonesia U-19. Pemain kelahiran 8 Oktober 2001 ini dianggap sebagai salah satu gelandang muda berbakat Indonesia saat ini.

Witan menjalani debut internasional bersama Timnas U-19 di laga melawan Timnas Brasil U-20 di turnamen Toulon pada 2017 lalu. Pada pertandingan yang digelar di Prancis ini, Timnas U-19 harus menelan kekalahan dengan skor 0 -- 1.

Nama Witan semakin dikenal oleh publik sepak bola Indonesia saat tampil bersama Timnas U-19 di ajang Piala AFF U-18 2017. Di turnamen ini, Witan berhasil mencetak gol pertamanya untuk Timnas U-19 di pertandingan melawan Brunei Darussalam.

Sayang, Timnas Indonesia U-18 hanya sanggup menembus semifinal setelah ditumbangkan Thailand lewat drama adu penalti.

Sultan Newcastle Bersiap Akuisisi Inter Milan

Liga Italia: Baru Beli Newcastle United, Eh Mohammed Bin Salman Siapkan Rp16,3 Triliun Jajaki Akuisisi Inter Milan

Bola.com 2021-10-15 11:30:50
Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. (Source: AP Photo/Cliff Owen)

Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, dikabarkan belum puas setelah konsorsium miliknya mengakuisisi Newcastle United. Dia dikabarkan juga ingin membeli juara bertahan Liga Italia, Inter Milan.

Gelontoran dana mencapai 850 juta poundsterling atau setara dengan Rp 16,3 triliun disiapkan Pangeran Arab Saudi itu, untuk mengakuisisi Nerazurri, julukan Inter Milan.

Jika benar nantinya Bin Salman membeli Inter Milan, maka tim tersebut bakal masuk dalam jajaran tim terkaya.

Dengan gelontoran dana bejibun bahkan melebihi Newcastle United, tentu La Beneamata akan lebih sangar dalam berbelanja pemain. Menurut laporan Il Giorno, seperti dikutip Express, Kamis (15/10/2021), konsorsium Arab Saudi tersebut dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi Inter.

Laporan tersebut mengungkapkan Mohammed Bin Salman siap bertaruh untuk Inter yang bakal disulapnya sebagai tim super. Dia yakin setelah melihat Inter yang mulai mampu menghentikan hegemoni Juventus sebagai penguasa Serie A.

Pemilik Inter Milansaat ini, Zhang Jindong, hanya mau melepas harga Rp 16,3 triliun bagi yang berminat mengakuisi Il Biscione (julukan lain Inter). Pemilik Inter memang sedang membutuhkan dana segar setelah mengalami kerugian tidak sedikit.

Beberapa waktu lalu, Inter Milan mengumumkan kerugian sebesar 245 juta euro (setara Rp4 Triliun) di musim 2020/2021. Beberapa laporan menyatakan Suning Group ingin melepas sahamnya di Inter Milan ke pihak lain karena sedang merugi.


Ikuti Jejak Newcastle

Kini Inter Milan berpotensi menyusul Newcastle United sebagai tim kaya raya. Seperti diketahui, Public Investment Fund (PIF) milik Muhammed Bin Salman mengambil alih Newcastle United dari tangan pemilik sebelumnya, Mike Ashley. Kekuasaan Ashley selama 14 tahun telah berakhir.

PIF dikabarkan mengucurkan dana 300 juta pounds untuk membeli saham The Magpies. Dana yang digunakan PIF untuk mengakuisisi saham Newcastle United akan terpisah dari uang milik negara.

Newcastle United bakal jor-joran dengan siap mendatangkan deretan pemain bintang. Jesse Lingard, Anthony Martial, Pierre-Emerick Aubameyang dan bahkan Erling Haaland telah dikaitkan dengan kepindahan ketim berjuluk The Magpies.


Kiprah Inter Milan

Inter Milan menjalani musim yang hebat di 2020/2021, dengan menjuarai Serie A. Bersama Antonio Conte, Inter merebut gelar scudetto jauh meninggalkan para pesaingnya, terutama Juventus yang selalu menjuarai sembilan musim beruntun.

Meski sukses dengan gelar juara kompetisi domestik, Inter justru ditinggal pelatih dan beberapa pemain pilarnya. Conte memilih hengkang, disusul Achraf Hakimi ke Paris Saint-Germain (PSG), Romelu Lukaku kembali ke Chelsea, dan Matteo Politano hijrah ke Napoli.

Hasil dari penjualan para pemain membuat Inter punya uang banyak dan membelanjakan pemain baru. Di antaranya; Edin Dzeko, Denzel Dumfries, dan Hakan Calhanoglu. Sementara Simone Inzaghi ditunjuk sebagai suksesor Antonio Conte.

Inter mengawali musim 2021/2022 dengan hasil cukup baik. Mereka untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan nilai 17 dari tujuh laga, membuntuti Napoli dan AC Milan.

Sumber: Express


Yuk Lihat Posisi Inter Milan

Utang Barca ke Liverpool

Liga Spanyol: Barcelona Ternyata Masih Utang Transfer Coutinho ke Liverpool Rp689 Miliar, Kapan Bayar Nih?

Bola.com 2021-10-14 21:30:59
Philippe Coutinho. Mengenakan jersey bernomor 14 dan 7 selama 3 musim di Barcelona, dirinya belum tampil maksimal seperti yang diharapkan. Padahal, saat mengenakan jersey nomor 10 di Liverpoo

Kabar mengejutkan datang dari Barcelona. Menurut laporan Radio SER, Kamis (14/10/2021), klub asal Catalan itu belum melunasi pembayaran kepindahan Philippe Coutinho dari Liverpool.

Barcelona disebut masih punya tunggakan utang ke Liverpool sebesar 40 juta euro (Rp689 miliar). Jumlah itu merupakan sisa pembayaran dari transfer Coutinho yang bernilai 160 juta euro (Rp2,6 triliun).

Masalah finansial yang dihadapi Barcelona merupakan warisan dari era kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Ambisi besar mendatangkan pemain berkualitas mengharuskan Barcelona untuk berutang.

Namun, kabar baiknya adalah Barcelona sudah melunasi pembayaran atas nama dua pemain lainnya yakni Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann. Barcelona sebelumnya memang mencicil pembiayaan Dembele ke Dortmund (2017) dan Griezman ke Atletico Madrid (2019).

Situasi finansial Barcelona belum sepenuhnya pulih. Imbasnya adalah dipotongnya dana transfer pada musim panas 2021 yang berpengaruh pada penampilan Barcelona saat ini.

Barcelona susah payah bersaing di La Liga hingga Liga Champions. Masalah ini juga yang membuat nasib pelatih Ronald Koeman berada di ujung tanduk dan tinggal menunggu pemecatan.


Ambisi Tinggi

Meskipun punya masalah finansial, itu tak menjadi kendala buat Barcelona. Klub yang bermarkas di Camp Nou itu tetap berencana merekrut pemain-pemain hebat pada Januari 2022.

Barcelona kabarnya mengincar gelandang AC Milan, Franck Kessie, untuk memperkuat lini tengah. Selain itu, ada pula nama Raheem Sterling yang masuk dalam daftar buruan.

Namun, semuanya akan ditentukan oleh pelatih anyar Barcelona nanti. Situasi itu bakal terjadi bila Ronald Koeman kehilangan jabatannya dalam waktu dekat.

Barcelona diyakini memberikan sedikit kesempatan lagi buat Ronald Koeman. Laga melawan Valencia di La Liga berpotensi menjadi panggung penghakiman buat Koeman.


Terseok-seok

Barcelona terdampar di peringkat kesembilan klasemen sementara La Liga 2021/2022. Memphis Depay dkk mengumpulkan 12 poin hasil tiga kemenangan, tiga kali imbang, dan sekali kalah.

Situasi yang tak jauh berbeda juga dialami Barcelona di Liga Champions. Klub berjulukan Los Cules itu menjadi penghuni dasar klasemen Grup E dengan nol poin.

Tugas berat ini dihadapi Ronald Koeman di Barcelona. Pelatih asal Belanda itu harus mampu mengeluarkan Barcelona dari kesulitan sehingga kembali ke jalur yang tepat.

Sumber:Radio SER


Simak Posisi Barcelona di La Liga

Samir Nasri, Sebulan Pensiun Badan Melar

Foto: Engap, Baru Sebulan Pensiun Samir Nasri Punya Tubuh Tambun

Bola.com 2021-10-14 14:18:43
Foto kolase saat Samir Nasri dengan tubuh tambun saat bermain dalam pertandingan amal (kiri) dan Samir Nasri saat membela Sevilla sebelum ia pensiun (kanan). (AFP)
Foto kolase saat Samir Nasri dengan tubuh tambun saat bermain dalam pertandingan amal (kiri) dan Samir Nasri saat membela Sevilla sebelum ia pensiun (kanan). (AFP)
Nama Samir Nasri mendadak trending di media sosial Twitter pada Kamis (14/10/2021) dini hari WIB ketika muncul dengan bentuk tubuh tambun. (AFP/Nicolas Tucat)
Nasri turut bermain dalam pertandingan amal antara para legenda Marseille dengan tim yang dibentuk oleh UNICEF. Tak pelak, foto-foto Nasri dengan badan gendut pun viral di media sosial. (AFP/Nicolas Tucat)
Nasri tampil dengan badan yang 'mekar' dan perut buncit, yang semakin terlihat jelas karena memakai seragam berwarna terang. Padahal Nasri baru gantung sepatu pada September silam atau baru sekitar sebulan. (AFP/Nicolas Tucat)
Nasri yang pernah bermain untuk Arsenal dan Manchester City memutuskan untuk gantung sepatu alias pensiun dari sepak bola profesional pada usianya yang baru 34 tahun. (AFP/Oli Scarff)
Sebelum pensiun, Nasri memang tak memiliki tim selama satu tahun penuh usai dilepas Anderlecht. Wajar jika ia kondisi tubuhnya mengalami perubahan. (AFP/Ringo Chiu)

Madrid Memburu Wonderkid eks City

Liga Spanyol: Real Madrid Berburu Pedro Porro, Wonderkid yang Terbuang dari Manchester City

Bola.com 2021-10-14 18:30:40
Gelandang Sporting asal Spanyol, Pedro Porro. (CARLOS COSTA / AFP)

Real Madrid santer dikabarkan tengah mengincar seorang pemain muda asal Spanyol yang tengah berkarier di Portugal bersama Sporting CP, Pedro Porro. Siapa sebenarnya pemain muda yang berposisi sebagai bek kanan itu?

Ada sejumlah nama pemain yang berposisi bek kanan yang terus dikaitkan dengan Real Madrid dalam beberapa bulan terakhir. Namun, kabar terakhir, seperti dilansir eurofootballrumours, klub raksasa Spanyol itu tengah mengincar Pedro Porro, bek kanan milik Manchester City.

Ya, Pedro Porro memang merupakan bek kanan milik Manchester City. Namun, sayangnya pemain asal Spanyol itu tampaknya tidak menarik perhatian Pep Guardiola sang manajer The Citizens.

Hal tersebut membuat Manchester City terus 'menyekolahkannya' ke klub lain, seperti Real Valladolid pada 2019 hingga 2020, dan kini ke Sporting CP sejak 2020.

Bersama Sporting CP, Pedro Porro turut berkontribusi membawa tim menjuarai Primeira Liga Portugal 2020/2021, Taca da Liga 2020/2021, dan Supertaca Candido de Oliveira 2021.


Jadi Bidikan Real Madrid

Sementara pada musim ini, bek kanan muda itu sudah delapan kali memperkuat Sporting, mencetak dua gol, dan mencatatkan satu assist. Wajar jika pemain berusia 22 tahun itu kemudian mencuri perhatian Real Madrid.

"Real Madrid tengah mengincar fullback Manchester City, Pedro Porro. Saat ini ia dipinjamkan ke Sporting, tentunya dengan opsi permanen. Manchester City tampaknya sudah menyerah dengan pemain asal Spanyol itu dan performanya bersama Sporting telah menimbulkan ketertarikan dari Real Madrid," bunyi kabar yang beredar seperti dilansir dari eurofootballrumours.

Sementara media O Jogo mengatakan, "Pemandu bakat Real Madrid mengincar Porro pada musim ini. Real begitu memikirkan peran bek kanan mereka setelah Dani Carvajal mengalami masalah dengan cedera."


Cocok Bersama Real Madrid?

Pemain muda merupakan investasi yang sangat bagus bagi sebuah klub, terutama klub besar. Akan menjadi hal yang bijak untuk berinvestasi ketimbang menggelontorkan dana besar untuk bisa merekrut pemain berpengalaman.

Pedro Porro memiliki semua kemampuan yang dibututuhkan untuk meraih kesuksesan bersama Real Madrid. Oleh karena itu, akan masuk akal jika Carlo Ancelotti berusaha untuk membawa bek kanan Spanyol itu datang ke Santiago Bernabeu.

Namun, akan sangat menarik untuk melihat apakah Real Madrid akan bersedia membayar sesuai harga yang diminta untuk seorang Pedro Porro.

Sumber: Euro Football Rumours


Posisi Real Madrid Saat Ini