Penantian 10 Tahun

Kisah Manchester United 10 Tahun Memburu Raphael Varane: Ferguson dan Mourinho Gagal, Sukses di Tangan Solskjaer

Bola.com 2021-07-30 07:15:10
Manchester United - Ilustrasi Raphael Varane (Bola.com/Adreanus Titus)

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, benar-benar girang ketika membicarakan keberhasilan menggaet Raphael Varane dari Real Madrid. Bukan hanya karena menemukan bek tangguh untuk menambal lubang di lini belakangnya, tapi karena perburuan Varane selama 10 tahun berujung happy ending.

Manchester United sudah mencapai kesepakatan soal transfer Raphael Varane, nilainya 34 juta pounds (Rp684,9 miliar) dan bisa naik hingga 43 juta pounds (Rp866,8 miliar). Pemain asal Prancis itu tinggal menjalani tes medis dan meneken kontrak.

"Dia terbukti seorang juaraa dan pemain yang kami ikuti selama bertahun-tahun. Saya tahu Sir Alex Ferguson sudah sangat-sangat dekat untuk merekrutnya dan kali ini kami mendapatkannya, pada akhir lain kariernya," kata Solskjaer, mengomentari kesepakatan yang tercapai untuk merekrut Varane, seperti dilansir The Telegraph,Kamis (29/7/2021).

Sudah bukan rahasia lagi, Manchester United sudah bertahun-tahun mengincar Varane. Tapi, fans mungkin tak menyadari, Varane hampir gabung ke Old Trafford dalam beberapa kesempatan, bukan hanya sekali.

Bukan hanya Ferguson yang coba memboyongnya, tapi juga Jose Mourinho ketika menjadi manajer Setan Merah. Keduanya terbukti gagal.

Varane menunjukkan bakatnya ketika bermain di klub Prancis, Lens. Dia perlahan menjadi sorotan berkat tampilan mengesankan di sana.

Varane mencatatkan penampilan di tim senior Lens pada 2010. Saat itu, ia berusia 17 tahun. Dia mendapat promosi dari tim junior untuk mengisi lubang karena badai cedera di lini belakang. Saat musim itu berakhir, beberapa klub ternama Eropa sudah mencium bakatnya, termasuk Manchester United.


Ferguson Langsung ke Prancis, tapi Dipecundangi Zidane

Sir Alex Ferguson dan Manchester United sangat ingin memboyong Varane. Ferguson saat itu langsung pergi ke Prancis untuk mencoba membujuk sang youngster.

Tetapi, taktik Ferguson kalah dari Zinedine Zidane yang menangani Real Madrid. Dia berhasil membujuk Varane hijrah ke Prancis setelah mengajaknya tur melihat fasilitas Los Blancos.

Dalam bukunya yang terbit pada 2015, Leading, Ferguson menulis: "Saya naik kereta dari Euston ke Lille untuk mengontrak bek muda Prancis Raphael Varane."

"David Gill sudah masuk ke poin lanjut kontrak dengan Lens, ketika Zinedine Zidane mengetahui hal ini dan entah bagaimana membawanya ke Real Madrid di depan hidung kami," imbuh Ferguson, seperti dilansir Daily Star.

Varane gabung Real Madrid dan berhasil masuk tim utama. Tapi, debutnya di tim senior mungkin tidak akan datang cepat jika bukan karena Jose Mourinho.

Mourinho memberikan Varane debutnya di Los Blancos dan memercayainya dalam pertandingan besar, seperti duel Liga Champions dengan Manchester City di musim keduanya di Spanyol.

"Varane adalah bek tengah terbaik di dunia. Dia masih muda, tapi saya pikir dia yang terbaik. Sudah, ya. Saya pikir dia bek terbaik," komentar Mourinho satu tahun setelah meninggalkan Real Madrid.


Jose Mourinho Juga Gagal

Jadi, tak heran The Special One mencoba mengontrak Varane ketika dia menjadi manajer Manchester United. Pada 2017, Mourinho berniat memperkuat lini belakang. Tawaran pun diluncurkan ke Varane. Tetapi, lagi-lagi pemain Prancis itu menolak pindah ke Old Trafford.

"Sungguh tersanjung mendengar ketertarikan United. Mourinho adalah orang yang membuat saya datang ke Real Madrid dan mereka adalah klub hebat," kata Varane kepada Canal Plus pada 2017.

"Tetapi saat ini klub [Madrid] dan saya selaras dan saya tidak memiliki pertanyaan untuk ditanyakan. Saya selalu mengatakan merasa baik di Madrid. Tidak mudah untuk mengatakan tidak kepada Jose Mourinho, tetapi Anda harus mempertimbangkannya. Pro dan kontra."

Manchester United ternyata tidak patah arah. Empat tahun berselang mereka kembali mencoba mendekati Varane. Kali ini, kendali tim ada di tangan Solskjaer.

Raphael Varane kini sudah berusia 28 tahun. Usia yang matang, dan telah makan asam garam di Real Madris selama satu dekade.

MU butuh partner ideal untuk mendampingi Harry Maguire di posisi bek tengah. Kali ini, MU tak bertepuk sebelah tangan.

Kontrak Varane di Real Madrid tinggal tersisa setahun. Kedua pihak mulai tak sejalan. Permintaan gaji yang diminta Madrid tak direspons positif oleh El Real.

Raphael Varane akhirnya tergoda oleh tawaran Manchester United. Apalagi, ini menjadi tawaran ketiga dari Setan Merah, yang masih gigih maju meski sudah dua kali ditolak.

Kepindahan Raphael Varane diiringi harapan tinggi dari Manchester United, termasuk Solskjaer yang berhasil mewujudkan mimpi lama Ferguson.

Yang jadi pertanyaan, apakah penantian Manchester United selama sekitar satu dekade atas kedatangan Varane benar-benar bernilai? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Sumber: Telegraph, Daily Star


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Merapat ke Anfield?

Liga Inggris: Manuver Mino Raiola, Paul Pogba Ternyata Ditawarkan ke Liverpool

Bola.com 2021-07-30 12:45:11
Skuad Manchester United merayakan gol yang dicetak Paul Pogba ke gawang AC Milan, Jumat (19/03/2021) dini hari WIB. (Marco BERTORELLO / AFP)

Agen Paul Pogba, Mino Raiola dikabarkan telah membuat manuver dengan menawarkan gelandang Manchester United itu ke Liverpool pada bursa transfer musim panas ini.

Kontrak pemain berusia 28 tahun di Old Trafford akan berakhir Juni 2022. Diperkirakan, dia tidak tertarik untuk menandatangani perpanjangan kontrak. Situasi ini dapat menyebabkan Setan Merah menjualnya musim ini ketimbang kehilangan Pogba dengan status bebas transfer.

Paris Saint-Germain diyakini berada di puncak antrean untuk gelandang Timnas Prancis itu, yang belum tampil untuk Manchester United di pra-musim setelah Euro 2020.

Menurut Le10Sport, Raiola baru-baru ini mendekati Liverpool untuk menawarkan raksasa Merseyside itu kesempatan untuk mengontrak kliennya.

Laporan tersebut mengklaim bahwa The Reds mengisyaratkan bahwa mereka tidak akan tertarik pada kesepakatan musim panas ini tetapi bisa tergoda pada bulan Januari nanti.

Paul Pogba mengalami masalah cedera musim lalu tetapi masih menjadi pemain kunci bagi tim Ole Gunnar Solskjaer. Pogba membuat 42 penampilan di semua kompetisi, menyumbang enam gol dan sembilan assist.


Sedang Nego

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer meyakini Paul Pogba ingin tetap di Old Trafford musim panas ini. Sang gelandang diduga menolak perpanjangan kontrak 50 juta poundsterling di Old Trafford, karena ia ingin pindah pada musim panas ini.

Ketika ditanya tentang situasi itu, Solskjaer mengatakan diskusi antara kedua pihak mengenai kesepakatan baru sedang berlangsung.

"Pembicaraan sedang berlangsung antara perwakilan Paul dan perwakilan kami. Semua dialog yang saya lakukan dengan Paul adalah dia menantikan musim ini," kata Solskjaer dikutip dari Manchester Evening News, Minggu (25/7/2021).

Pogba belum gabung skuad dalam latihan pra-musim. Ia diberi waktu istirahat panjang setelah membela Prancis di Euro 2020.

Pemain berusia 28 tahun itu mencetak enam gol dan mencatatkan sembilan assist dalam 42 penampilan untuk Manchester United selama kampanye 2020-21.

Sumber: Sports Mole, Manchester Evening News


Jejak Manchester United Musim Lalu


Video

5 Olimpian yang Wajahnya Mirip Pesepak Bola Top

Foto: 5 Atlet yang Wajahnya Mirip dengan Pesepak Bola Top, Pebulutangkis Denmark di Olimpiade Tokyo Anders Antonsen Mirip Erling Haaland

Bola.com 2021-07-31 16:41:00
Mungkin ada benarnya mitos bahwa setiap manusia memiliki 7 kembarannya di dunia. Kita sering menjumpainya di kehidupan sehari-hari, atau pun di kalangan artis. Di kalangan atlet dan pesepak b
Mungkin ada benarnya mitos bahwa setiap manusia memiliki 7 kembarannya di dunia. Kita sering menjumpainya di kehidupan sehari-hari, atau pun di kalangan artis. Di kalangan atlet dan pesepak bola pun ada 5 yang dinilai mirip. Siapa saja? (Foto: AFP/Pool/Ina Fassbender dan AP/Dita Alangkara)
Nihad Djedovic. Atlet bola basket Bosnia Herzegovina berusia 31 tahun yang bermain di klub Bayern Munich dan berlaga di Basketball Bundesliga dan EuroLeague ini wajahnya sangat mirip dengan bintang sepak bola Swedia yang musim lalu memperkuat AC Milan, Zlatan Ibrahimovic. (Foto: AFP/Miguel Medina)
Rhys Williams. Atlet rugby berusia 41 tahun yang telah pensiun ini pernah bermain di klub Cardiff Blues mulai tahun 1998 hingga 2008 dan telah 44 kali memperkuat Timnas Wales. Wajahnya sangat mirip dengan bintang Liverpool, Mohamed Salah. (Foto: AFP/Gabriel Bouys)
Mohamed Khalil Jendoubi. Atlet Taekwondo Tunisia berusia 19 tahun peraih medali perak kelas 58 kg putra di Olimpiade Tokyo 2020 ini memiliki wajah yang sangat mirip dengan bintang Manchester United, Bruno Fernandes. (Foto: AFP/Javier Soriano/Naomi Baker)
Kevin Cordon. Atlet bulu tangkis Guatemala berusia 34 tahun yang berhasil membuat kejutan di Olimpiade Tokyo 2020 dengan lolos ke semifinal tunggal putra ini memiliki wajah yang mirip dengan mantan pemain Chelsea, Danny Drinkwater. (Foto: AP/Dita Alangkara dan AFP/Anthony Devlin)
Anders Antonsen. Atlet bulu tangkis Denmark berusia 24 tahun yang baru saja dikalahkan Anthony Sinisuka Ginting di perempatfinal Olimpiade Tokyo 2020 ini memiliki wajah yang mirip dengan bintang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland. (Foto: AFP/Pool/Ina Fassbender dan AP/Dita Alangkara)

Sejarah Baru dari Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Foto: Singkirkan Ganda Korea Selatan, Greysia Polii/ Apriyani Rahayu Ukir Sejarah Lolos ke Final Olimpiade Tokyo 2020

Bola.com 2021-07-31 10:03:27
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, akhirnya memastikan satu tempat di laga final Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AP/Markus Schreiber)
Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, akhirnya memastikan satu tempat di laga final Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AP/Markus Schreiber)
Wakil Indonesia itu menumbangkan pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan, dua gim langsung di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu (31/7/2021). (Foto: AP/Dita Alangkara)
Pertarungan ketat terjadi sejak gim pertama. Kedua kubu saling jual beli serangan dan sama-sama mampu menunjukkan pertahanan yang kokoh. (Foto: AP/Dita Alangkara)
Greysia/Apriyani yang mengincar kemenangan tampil begitu ngotot dengan melancarkan smash bertubi-tubi. Melalui pertarungan sengit akhirnya pasangan Indonesia itu mampu mengunci kemenangan dengan skor 21-19 dan 21-17. (Foto: AP/Dita Alangkara)
Hasil ini menjadi catatan sejarah bagi ganda putri Indonesia karena untuk pertama kalinya berhasil lolos ke final Olimpiade. (Foto: AP/Dita Alangkara)
Di babak final ganda putri Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung Senin (2/8/2021), Greysia/Apriyani akan menghadapi pemenang antara unggulan kedua Chen Qingchen/Jia Yifan melawan Kim So Yeong/Kong Hee Yong asal Korea Selatan. (Foto: AP/Markus Schreiber)

Paket Murah Haaland-CR7

Liga Inggris: Manchester United Bisa Dapatkan Paket Erling Haaland dan Cristiano Ronaldo dengan Harga Murah

Bola.com 2021-07-29 21:15:15
Erling Haaland. Striker muda Borussia Dortmund berusia 20 tahun ini sukses menjadi top skor Liga Champions musim ini dengan torehan 10 gol. Total ia membuat 41 gol musim ini di semua ajang ko

Ada tawaran menarik untuk Manchester United. Klub Liga Inggris itu bisa mendapatkan Erling Haaland dan Cristiano Ronaldo dengan harga yang sangat murah.

Namun, tentu saja bukan pada musim panas ini. Kabarnya, tawaran itu akan bisa didapatkan oleh Manchester United pada 2022 nanti.

Padahal dua nama ini dikenal sebagai pencetak gol ulung di dunia sepak bola. Bahkan Cristiano Ronaldo masih sanggup menjadi mesin gol meski usianya sudah tak lagi muda.

Pada musim lalu, Cristiano Ronaldo menghasilkan 29 gol dari 33 penampilan di Serie A bersama Juventus. Torehan tersebut cukup untuk membuatnya meraih Cappocannoniere pertama setelah tiga tahun berkarier di Italia.

Berbeda dengan Cristiano Ronaldo, Erling Haaland masih berusia belia sehingga kemampuannya bisa lebih baik lagi. Namun, pemain asal Norwegia itu mampu memproduksi total 57 gol dalam satu setengah musim bersama Borussia Dortmund.


Harga Terjangkau untuk Haaland

Kedua pemain ini hampir mustahil didapatkan pada bursa transfer musim panas ini. Klub masing-masing pemain telah menegaskan bahwa sang pemain tidak akan ke mana-mana, setidaknya hingga musim 2021/2022 berakhir.

Namun, pada 2022 nanti, Erling Haaland dan Cristiano Ronaldo bisa direkrut sekaligus dengan harga yang sangat terjangkau. Khusus untuk Haaland, klub peminat bisa mendapatkan tanda tangannya hanya dengan harga 67 juta pound saja.

Angka di atas tercantum dalam kontrak Haaland sebagai klausul pelepasan dan baru berlaku pada 2022. Ketika sebuah klub peminat datang untuk meminang Haaland dengan harga tersebut, maka Dortmund tidak bisa menolak.


Cristiano Ronaldo Bisa Gratis

Kemudian bagaimana dengan Cristiano Ronaldo? Juventus mengklaim Ronaldo akan bertahan di Allianz Stadium. Namun, pihak klub tidak memberikan penjelasan apakah kontrak peraih lima trofi Ballon d'Or itu akan diperpanjang atau tidak.

Perlu diketahui bahwa kontrak Cristiano Ronaldo hanya berlaku sampai 2022. Jadi kalau Juventus memutuskan untuk tidak menambah masa abdinya, maka klub peminat bisa merekrut Ronaldo tanpa mengeluarkan biaya transfer sepeserpun.

Keduanya bisa menjadi kombinasi yang mengerikan buat Manchester United. Sangat cocok untuk menggantikan Edinson Cavani yang kontraknya juga hanya berlaku sampai 2022.

Kepergian Cavani pada tahun depan sepertinya tidak bisa dihalangi lagi. Pemain asal Uruguay itu sempat dirumorkan ingin hengkang dari Old Trafford pada tahun ini dan melanjutkan kariernya di Amerika Selatan. Namun, itu urung terjadi karena Cavani memutuskan untuk menerima kontrak baru dari MAcnhester United.

Sumber: Express Sport

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 29/7/2021)


Video

Mevvah...

Mevvah! Syahrian Abimanyu Jadi Model untuk Mobil Aston Martin Edisi Khusus Johor Darul Ta'zim

Bola.com 2021-07-27 18:25:06
Gelandang Johor Darul Ta'zim (JDT), Syahrian Abimanyu bersama mobil Aston Martin "JDT Edition". (JDT via Rasiman).

Klub kaya raya Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT), resmi bekerja sama dengan produsen mobil sport mewah, Aston Martin Racing Asia. Gelandang asal Indonesia, Syahrian Abimanyu, menjadi model untuk kolaborasi kedua belah pihak tersebut.

Kerja sama ini bakal membuat Aston Martin memproduksi mobil khusus Johor Darul Ta'zim dengan edisi terbatas.

Ayah Syahrian Abimanyu, Rasiman kepada Bola.com, membagikan foto-foto dan rilis kerja sama Johor Darul Ta'zim bersama Aston Martin, dengan anaknya menjadi satu di antara empat model untuk iklan tersebut.

Bersama Safawi Rasid, Gonzalo Cabrera, dan Natxo Insa, Abimanyu berfoto bareng mobil Aston Martin edisi khusus JDT.

Syahrian Abimanyu memakai setelan jas rapih, bersanding dengan mobil mewah Aston Martin berwarna biru.

"Kami bangga dan senang telah mencapai kesepakatan dengan kantor pusat merek yang berbasis di Inggris dan kantor Asia," kata pernyataan JDT.

"Kolaborasi dengan perusahaan otomotif Inggris ini tidak hanya memberikan nilai finansial bagi JDT, tapi juga membuka peluang bagi JDT, Johor, dan Aston Martin Racing untuk berkolaborasi di berbagai bidang di tahun-tahun mendatang," lanjut pernyataan tersebut.


Mobil Khusus Johor Darul Ta'zim

Johor Darul Ta'zim dalam akun Instagramnya, @officialjohor, juga telah merilis iklan kerja sama dengan Aston Martin pada Selasa (27/7/2021).

"Kantor Pusat Aston Martin telah setuju untuk memproduksi mobil JDT Edition bertema Aston Martin untuk dijual," tulis Johor Darul Ta'zim.

"Keuntungan dari penjualan mobil khusus JDT ini akan dibagi antara JDT dan Aston Martin," demikian informasi dari jawara tujuh tahun berturut-turut Liga Super Malaysia itu.

Syahrian Abimanyu baru bergabung dengan Johor Darul Ta'zim pada tahun ini. Namun, pemain berusia 22 tahun itu menghabiskan setengah musim pertamanya dengan dipinjamkan ke klub Australia, Newcastle Jets.

Abi, karibnya disapa, telah kembali ke Johor Darul Ta'zim dan didaftarkan untuk paruh kedua Liga Super Malaysia. Hanya saja, anggota Timnas Indonesia itu belum dimainkan ketika timnya menang 3-1 atas UiTM pada 25 Juli 2021.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Debut Bagus di Utrecht

Bagus Kahfi Setelah Debut dengan Jong Utrecht: Tak Terlupakan, tapi Ini Baru Permulaan

Bola.com 2021-07-30 14:30:00
Bagus Kahfi ketika melakoni debut bersama Jong Utrecht. (Twitter Bagus Kahfi).

Bagus Kahfi baru melakoni debut tidak resminya dengan Jong Utrecht. Penyerang masa depan Indonesia itu menganggapnya sebagai momen penting, tapi menolak untuk besar kepala.

"Sebuah momen yang yang tidak terlupakan. Tapi, ini baru permulaan," kata Bagus Kahfi dalam akun Instagramnya, @baguskahfiii.

Bagus Kahfi bermain sebagai pengganti ketika Jong Utrecht beruji coba melawan TOP Oss di KNVB Sportcentrum, Utrecht pada Kamis (29/7/2021) malam waktu setempat.

Bagus Kahfi masuk untuk mengisi posisi yang ditinggalkan oleh pemain keturunan Jepang, Yuya Ikeshita. Pada partai latih tanding itu, Jong Utrecht kalah 1-3 dari TOP Oss, sesama peserta Eerste Divisie atau kasta kedua di Liga Belanda.

Secara khusus, Bagus Kahfi berterima kasih kepada pelatih Jong Utrecht, Darije Kalezic, yang telah memberikannya kesempatan untuk membukukan penampilan pertamanya di tim ini.

"Terima kasih untuk semua orang yang membantu saya sejauh ini. Terutama tim pelatih untuk kesempatan besar ini," tutur Bagus Kahfi.

"Ingat, kerja keras selalu membuahkan hasil. Kami akan berjuang lagi," jelas pemain yang baru pulih dari cedera patah kaki dan pergeseran ligamen itu.


Baru Dipromosikan

Sebelumnya, Bagus Kahfi baru dipromosikan ke Jong Utrecht dari FC Utrecht U-18 untuk musim 2021/2022.

Jong Utrecht adalah tim U-23 FC Utrecht. "Saya sudah siap menyambut musim baru. Sekarang, saya semakin enak saja bermain sepak bola," kata Bagus Kahfi dalam wawancaranya dengan ANTV Sports.

"Setelah enam bulan belakangan saya menghabiskan waktu untuk rehabilitasi dan recovery cedera saya, kerja keras saya di dalam lapangan dan gym, semua kerja keras ada hasilnya," terang Bagus Kahfi.

"Satu di antaranya adalah berada di skuad Jong Utrecht adalah hal yang luar biasa. Tidak berhenti sampai di situ, saya masih punya target selanjutnya," ujar kekasih dari pevoli, Shella Bernadetha tersebut.

Jong Utrecht akan memulai kampanye musim baru Eerste Divise pada 9 Agustus 2021 dengan menjamu MVV Maastricht di Sportcomplex Zoudenbalch 1e veld, Utrecht.


Unggahan Bagus Kahfi Setelah Debut


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Darah Angkat Besi Windy Cantika

Di Balik Medali Perunggu Windy Cantika di Olimpiade Tokyo: Bakat Angkat Besi Mengalir dari Sang Ibunda

Bola.com 2021-07-25 23:00:25
Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah menunjukkan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 cabang angkat besi nomor 49 kg di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021). Windy Cantika mempe

Lifter putri Indonesia Windy Cantika Aisah berhasil meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (24/7/2021). Lifter berusia 19 tahun ini sukses menyumbangkan medali pertamanya di kelas 49kg.

Windy Cantika Aisah sukses mencatatkan total angkatan 194 kg. Dengan perincian angkatan snatch 84kg, angkatan clean dan jerk 110kg.

Bakat Windy di cabang olahraga angkat besi ini rupanya warisan dari sang ibu, Siti Aisah. Perempuan kelahiran 15 Agustus 1969 ini merupakan atlet angkat besi di era 80an.

Prestasi Siti Aisah di ajang angkat besi cukup gemilang. Dia sempat meraih medali perak Kejuaraan Dunia di Amerika Serikat pada 1987, kemudian juara kedua Kejuaraan Dunia di Jakarta pada 1988.

"Kejuaraan di Amerika Serikat dapat medali perak 1987. Lalu juara kedua di Kejuaraan Dunia wanita ke 2 di Indonesia waktu itu tuan rumah,"ujar Siti saat dihubungi Bola.com, Minggu (25/7/2021).

Siti Aisah sewaktu kecil memang sudah tertarik menggeluti angkat besi. Awalnya dia sering melihat atlet angkat besi Maman Suryaman berlatih.

Maman merupakan lifter yang pernah mengharumkan Indonesia di kancah internasional. Maman juga yang kini banyak mencetak atlet angkat besi andal seperti peraih medali perak Olimpiade Brasil 2016, Sri Wahyuni.

"Dulu waktu SD tinggal di Legokloa, Pamengpeuk sering lihat Pak Maman depan rumah berlatih, kemudian diajak sama Pak Maman mau gak ikut latihan, dari sana mulai tertarik angkat besi," terangnya.

Namun, pilihan Siti Aisah menggeluti olahraga angkat besi mendapat pertentangan dari warga sekitar. Saat itu olahraga tersebut identik dengan laki-laki.

"Wah banyak ditentang, kamu perempuan kok olahraganya ikut laki-laki. Pokoknya banyak yang bully jadi bahan ledekan. Tapi, sekarang di daerah situ gudangnya atlet angkat besi," paparnya.


Semua Anak Berkecimpung di Angkat Besi

Siti yang kini bekerja di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung itu sudah memiliki tiga anak. Ketiga anaknya itu kini berkecimpung di olahraga angkat besi.

"Anak pertama jadi wasit angkat besi, kedua jadi pelatih dan alhamdulillah bungsu Windy yang sekarang ikut Olimpiade," tuturnya.

Siti sebenarnya tidak berambisi mencetak anaknya untuk jadi penerus di angkat besi. Sebagai orang tua, dia hanya bisa mendukung apa yang menjadi pilihan sang anak.

"Kalau ke anak enggak menyuruh harus bisa angkat besi. Silahkan saja pilih olahraga yang terbaik, tapi anak suka lihat orang tua latihan dan lihat foto-foto saya dulu kemudian anak mulai tertarik," katanya.

"Kalau sudah tertarik saya coba bina dan diarahkan. Saya ajarkan anak angkat-angkat paralon ditambah semen, akhirnya serius dan saya langsung daftarin ke Pak Maman," lanjutnya.

Angkat besi sekarang ini, ujar Siti, mulai mendapat perhatian dari masyarakat sekitar. Banyak anak-anak yang tertarik untuk bergabung dengan klubnya di kawasan Cimaung, Kabupaten Bandung.

"Sebelum Windy ikut SEA Games 2019 sudah banyak yang ikut latihan, banyak tetangga yang tertarik gabung ke klub saya. Alhamdulillah ada yang sudah ikut Porda atau gabung PPLP," terangnya.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Pensiun?

Gagal di Olimpiade Tokyo 2020, Ahsan / Hendra Tegaskan Masih Ingin Terus Bermain

Bola.com 2021-07-31 22:30:00
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menutup hasil positif tim bulu tangkis Indonesia di hari pertama Olimpiade Tokyo 2020. Seluruh 5 partai mampu dimenangkan wakil Indonesia. Empat partai dilalui

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus menerima kenyataan gagal mendapatkan medali di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Kesempatan terakhir The Daddies-panggilan keduanya pada pertandingan perebutan medali perunggu kontra pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Sabtu (31/07/2021) berujung kegagalan.

Ahsan/Hendra kalah dengan skor 21-17 17-21 14-21. Dengan hasil ini, Ahsan belum bisa meraih medali Olimpiade dalam kariernya. Sementara Hendra pernah merebut medali emas Olimpiade 2008 Beijing bersama almarhum Markis Kido.

Olimpiade Tokyo 2020 merupakan Olimpiade kedua bagi pasangan Ahsan/Hendra. Di Olimpiade Rio 2016, mereka terhenti di babak penyisihan grup.

Untuk Olimpiade Tokyo 2020, The Daddies diunggulkan di peringkat kedua dan maju ke perempatfinal sebagai juara grup D. Di perempatfinal, mereka mengalahkan andalan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Kemudian terhenti di semifinal setelah kalah dari pasangan China Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin yang akhirnya merebut medali emas ganda putra.


Pensiun?

Mengingat usia Ahsan/Hendra tidak lagi muda, kemungkinan pensiun dalam waktu dekat tidak bisa dihindari. Jika itu terjadi maka Olimpiade Tokyo 2020 otomatis jadi Olimpiade terakhir mereka.

Ditanya soal apakah Ahsan/Hendra masih punya niatan mentas di Olimpiade Paris 2024, keduanya sepakat enggan berandai-andai.

Namun sisi lain, keduanya memastikan masih ingin terus bermain. "Kami masih akan tetap bermain. Selama masih bisa, kami akan terus bermain selama masih kuat," kata Hendra.

"Ini sudah menjadi profesi kami. Selama masih diberi kekuatan, masih bisa bersaing, Insya Allah kami akan terus main. Suatu saat, kami pasti pensiun karena umur ada batasnya. Tapi kami akan coba sampai batas mana kami mampu," lanjutnya.

Meski belum bisa mendapatkan medali Olimpiade, Ahsan sendiri mengatakan dirinya bersyukur karena bisa melangkah sejauh ini dalam karirnya.

"Saya bersyukur bisa sejauh ini. Saya juga tidak menyangka. Ya, siapa yang tidak mau medali Olimpiade? Tapi mungkin sudah takdir kami tidak dapat medali. Yang patut disyukuri adalah kami sudah banyak diberi gelar-gelar yang lain," kata Ahsan.


Saksikan Video Pilihan Kami:

Timo Dibarter Lukaku?

Liga Inggris: Chelsea Berpeluang Tukar Timo Werner dengan Romelu Lukaku

Bola.com 2021-07-30 13:15:37
Penyerang Chelsea, Timo Werner, berebut bola dengan gelandang Crystal Palace, Luka Milivojevic, pada laga lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (3/20/2020) malam WIB. Chelsea menang

Chelsea dikabarkan dapat menawarkan Timo Werner ke Inter Milan sebagai bagian dari transfer untuk Romelu Lukaku.

The Blues disebut telah mengidentifikasi Lukaku sebagai target setelah menyerah dalam mengejar pemain Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland.

Sebuah laporan baru-baru ini mengklaim, tim Thomas Tuchel berencana untuk meluncurkan tawaran 110 juta poundsterling untuk Lukaku, yang telah mencetak 64 gol dalam 95 penampilan untuk Inter di semua kompetisi.

Namun, menurut jurnalis Italia, Alfredo Pedulla, Chelsea bisa menawarkan Werner kepada juara Serie A itu sebagai alat barter.

Werner, yang baru-baru ini dikaitkan dengan Bayern Munich, dianggap sebagai surplus untuk memulangkan Lukaku ke Stamford Bridge.

Werner belum 12 bulan di Chelsea setelah tiba dari RB Leipzig. Pemain Timnas Jerman itu mencetak 12 gol dan mencatatkan 15 assist dalam 52 penampilan untuk Chelsea selama kampanye 2020-21.

Namun, dia hanya mencetak enam gol di Liga Inggris.

Pemain berusia 25 tahun itu masih memiliki empat tahun tersisa dalam kontraknya dengan Chelsea. Tetapi, dia diyakini terbuka untuk meninggalkan klub musim ini.


Target Realistis?

Romelu Lukaku dipandang sebagai target bos Thomas Tuchel yang paling dapat dicapai. Chelsea dikabarkan menyiapkan dana senilai 90 juta pounds (Rp1,8 triliun) untuk memboyong Romelu Lukaku ke Stamford Bridge.

Lukaku ada dalam daftar belanja Chelsea untuk musim panas 2021, begitu juga Erling Haaland. Namun, bintang muda Norwegia itu tampaknya sulit dijangkau, karena Manchester City muncul sebagai pesaing berat dan harganya terlalu tinggi.

Jadi, Chelsea memilih berpaling, ke mantan pemain mereka. Lukaku pernah memperkuat Chelsea tujuh tahun lalu, dengan status pinjaman. Pengalamannya di Premier League juga lebuh dari cukup, karena pernah bermain di Everton dan Manchester United, serta West Bromwich Albion.

Chelsea membutuhkan penyerang tengah yang kuat untuk memimpin tim musim depan. Romelu Lukaku dianggap sebagai sosok yang ideal.

Sumber: Sports Mole


Jejak Chelsea Musim Lalu


Video

Madrid Cari Pengganti Varane

Liga Spanyol: Raphael Varane Gabung Manchester United, Real Madrid Sasar Bek Napoli Sebagai Pengganti

Bola.com 2021-07-30 19:15:00
Bek Napoli, Kalidou Koulibaly (kiri), berduel udara dengan striker Real Sociedad, Willian Jose, dalam laga lanjutan Liga Europa 2020/21 Grup F di Diego Armando Maradona Stadium, Kamis (10/12/

Manchester United baru saja resmi mengumumkan bahwa mereka sukses menjalin kesepakatan dengan Real Madrid perihal transfer Raphael Varane, dengan perkiraan biaya 42 juta poundsterling termasuk biaya tambahan.

Kini Real Madrid bergegas mencari pengganti bek tengah Timnas Prancis itu. Mengutip situs Football Italia, pelatih Los Merengues, Carlo Ancelotti menginginkan pemain Napoli, Kalidou Koulibaly.

Sosok Kalidou Koulibaly dinilai Carlo Ancellotti sosok tepat pengganti Raphael Varane lantaran selain punya kemampuan mumpuni juga dibekali jam terbang tinggi.

Kebetulan pelatih Napoli, Luciano Spalletti baru-baru ini mengumumkan semua pemain di timnya bisa saja hengkang asalkan direkrut dengan harga sesuai.

Nah ini seperti menjawab ketertarikan banyak tim terhadap Kalidou Koulibaly. Karena sebelum Real Madrid, Paris Saint-Germain, Manchester United, Manchester City dan Everton juga disebut tertarik meminang pemain berusia 30 tahun itu.


Berapa Harga Jual Kalidou Koulibaly?

Pernyataan Luciano Spalletti memiliki makna Real Madrid harus merogoh kocek sesuai yang diinginkan Napoli jika merekrut Kalidou Koulibaly.

Nah disebutkan Napoli enggan melepas bek Timnas Senegal itu dengan harga di bawah 60 juta euro. Kubu I Partenopei memang punya alasan kuat membanderol mahal sosok Kalidou Koulibaly.

Karena sang pemain masih punya kontrak cukup panjang yaitu sampai Juni 2023. Sebagai perbandingan, Napoli membeli Kalidou Koulibaly dengan harga hanya 7,75 juta euro dari KRRC Gent pada tahun 2014.

Sumber: Football Italia


Saksikan Video Pilihan Kami:

Pemain Gelisah Kirim Surat ke Jokowi

Liga 1 Masih Mati Suri, Pemain Liga 1 Ramai-ramai Sampaikan Kegelisahan ke Jokowi

Bola.com 2021-07-30 18:15:00
Logo Liga 1 2021/2022 berganti warna menjadi biru dari sebelumnya oranye. (Instagram/@liga1match)

Pemain Liga 1 2021 ramai-ramai menyampaikan kegelisahannya kepada Presiden Jokowi. Andritany Ardhiyasa dkk. mulai kehilangan kesabaran karena kompetisi tidak kunjung digelar.

Lewat Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), sejumlah pemain Liga 1 mengunggah surat terbuka untuk Jokowi.

"Bapak Presiden yang kami hormati, izinkan kami, para pesepak bola profesional Indonesia menyampaikan kegelisahan kami selama 16 bulan ini dikarenakan tidak adanya kompetisi sepak bola. Sebuah penghidupan bagi kami karena bermain sepak bola bukan hanya sekadar hobi yang dibayar, namun merupakan sebuah profesi yang memberikan kehidupan," tulis APPI dalam paragraf pembuka surat tersebut.

Surat terbuka dari APPI tersebut juga diunggah oleh para pemain Liga 1 melalui media sosial, terutama akun Instagram masing-masing.

Kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, bintang Persib Bandung, Febri Hariyadi, sampai pilar PSM Makassar, Wiljan Pluim turut mendukung aksi dari APPI tersebut.

"Surat Terbuka untuk Bapak Presiden Joko Widodo. Dari kami, pesepak bola Indonesia, yang merindukan aksi Bapak Presiden menendang kick-off pembukaan kompetisi," bunyi caption dari postingan Andritany dan Febri.

Liga 1 telah vakum selama satu tahun empat bulan karena pandemi COVID-19 dan musim baru kompetisi juga belum bisa bergulir karena rekomendasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum keluar.

"Bapak Presiden yang kami hormati, kami memang sangat ingin kompetisi bisa berjalan kembali. Namun, tetap dengan mengutamakan keselamatan, sehingga kami siap untuk menyukseskan agenda kampanye pemerintah untuk penyelesaian pandemi. Dengan kapasitas jejaring pesona yang kami miliki dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah ke seluruh pelosok Tanah Air," bunyi satu di antara paragraf surat terbuka dari APPI.


Unggahan Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)


Unggahan Febri Hariyadi (Persib Bandung)


Unggahan Wiljan Pluim (PSM Makassar)


Unggahan Andik Vermansah (Bhayangkara Solo FC)


Unggahan Bagas Adi Nugroho (Arema FC)


Unggahan Ilija Spasojevic (Bali United)


Surat Terbuka APPI untuk Presiden Jokowi

Jakarta, 28 Juli 2021

Yang Terhormat, Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo

Kami di sini mendoakan agar Bapak dalam kondisi sehat walafiat serta selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Bapak Presiden yang kami hormati, izinkan kami, para pesepak bola profesional Indonesia menyampaikan kegelisahan kami selama 16 bulan ini dikarenakan tidak adanya kompetisi sepak bola. Sebuah penghidupan bagi kami karena bermain sepak bola bukan hanya sekadar hobi yang dibayar, namun merupakan sebuah profesi yang memberikan kehidupan.

Bapak Presiden yang kami hormati, sepak bola di negara ini merupakan olahraga dengan fanatisme yang tinggi, hiburan bagi masyarakat, dan kadang kala menjadi pemersatu bangsa saat sebagian dari kami sedang menggunakan lambang Garuda di dada.

Bapak Presiden yang kami hormati, mungkin Bapak mendengar dan melihat tagar #KamiSiapMain dan #PesepakbolaBersatu di media sosial beberapa hari kemarin, tagar tersebut inisiasi kami, sebagai bentuk suara kami yang memang apa adanya. Dulu tagar #PesepakbolaBersatu kami buat pada 2012 sebagai gerakan solidaritas akan permasalahan tunggakan gaji yang dialami hampir seluruh pesepak bola Indonesia. Kini tagar tersebut kami gunakan kembali sebagai gerakan bersama untuk menyatakan kami pesepak bola Indonesia siap untuk bermain sepak bola lagi.

Bapak Presiden yang kami hormati, profesi pesepak bola dianggap sebagai profesi dengan penghasilan besar, penuh kemewahan, dan ketenaran. Anggapan itulah membuat kami dianggap mampu yang jauh dari bantuan-bantuan yang pemerintah berikan. Namun, Bapak Presiden yang kami hormati, apa artinya jika selama 16 bulan ini tidak ada penghasilan terlebih pemain-pemain kami yang berada di Liga 2, pemotongan gaji dengan besaran fantastis, pemutusan kontrak sepihak, serta belum ada klub yang mau mengontrak kami karena status kompetisi yang masih belum jelas.

Bapak Presiden, profesi pesepak bola adalah profesi yang cukup berbeda dengan lainnya. Kami tidak memiliki jangka waktu karier yang panjang, banyak dari kami yang hanya memiliki panjang karier 10 tahun. Syukur ada yang bisa sampai 15 tahun maka ketiadaan dua tahun kompetisi sangat memprihatinkan bagi kami.

Bapak Presiden yang kami hormati, sesungguhnya adanya kompetisi selain memberikan kehidupan bagi kami juga memberikan hiburan bagi masyarakat. Apalagi sejalan dengan imbauan pemerintah untuk tetap di rumah bagi masyarakat yang tidak memiliki kepentingan mendesak keluar rumah.

Bapak Presiden yang kami hormati, kini mayoritas dari kami sudah vaksin. Kami juga akan taat dengan protokol kesehatan. Jika memang protokol kesehatan yang ada belum dianggap cukup untuk dijalankan, kami siap untuk diarahkan dengan protokol kesehatan sebagaimana mestinya, jika perlu ditempatkan satgas saat kompetisi berlangsung untuk menjaga protokol kesehatan agar berjalan dengan benar. Kami juga siap untuk diajak terlibat dalam penyusunan ataupun diskusi dalam pembuatan aturan kesehatan.

Bapak Presiden yang kami hormati, kami memang sangat ingin kompetisi bisa berjalan kembali. Namun, tetap dengan mengutamakan keselamatan, sehingga kami siap untuk menyukseskan agenda kampanye pemerintah untuk penyelesaian pandemi. Dengan kapasitas jejaring pesona yang kami miliki dapat dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah ke seluruh pelosok Tanah Air.

Bapak Presiden yang kami dirindukan aksinya menendang kick-off pembukaan kompetisi. Kami juga menitipkan suara tidak hanya dari ribuan rekan-rekan seprofesi kami baik yang berada di Liga 1 maupun Liga 2, namun juga para tim pelatih, ofisial tim, serta para wasit yang juga memiliki penghidupan dari kompetisi.

Demikian surat terbuka kami untuk Bapak Presiden. Semoga Bapak Presiden berkenan membaca serta mendengarkan aspirasi kami. Terima kasih Bapak Presiden.

Dari kami, pesepak bola Indonesia.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini