Menanti Harga Koin Euro 2020 Naik Ribuan Kali Lipat

Bola.com 2021-07-01 20:25:00
Menanti Harga Koin Euro 2020 Naik Ribuan Kali Lipat (Grafis: Adreanus Titus/Bola.com)

Dibutuhkan waktu selama tiga windu alias 24 tahun bagi sebuah seri koin komemoratif dari turnamen perebutan piala eropa antarnegara untuk bernilai dua puluh juta rupiah. Harga koin Euro 1996 tersebut naik sekitar sepuluh ribu kali lipat dibanding harga aslinya lantaran kejuaraan digelar di Inggris.

Ya, Negeri Pangeran Charles itu memang dijejali para kolektor koin yang fanatik dan mereka tidak mau seri koin UEFA Euro Championship yang dihelat di negara mereka banyak yang beredar di luar Inggris. Walhasil nilai koin pun meroket naik, terutama sejak lelang yang digelar London Coins pada musim panas 2016.

Nah boleh jadi kenaikan harga yang yahud pun kembali terjadi menimpa koin-koin seri Euro 2020 lantaran tajuk kejuaraan adalah Road to The UEFA Euro 2020 Final in London. Dengan melibatkan kata "London" dalam turnamen yang berusia 60 tahun ini tak pelak kepingan uang logam bakal jadi barang buruan kolektor asal Britania, terutama bila koin kelak sudah berumur di atas lima tahun.

Harga seri koin Euro 2020 ini pun diyakini para pengamat benda numismatik bakal naik karena ragam seri yang ditawarkan terbilang wow karena selain memperingati umur enam dekade kejuaraan ini, seri koin ini amat mewah dan salah satunya berupa seri balok-balok tipis emas dengan kadar emas dan berat yang lumayan mengundang minat.

Ada sebanyak lima seri koin Euro 2020 yang terdiri dari:

1. Seri Koin Tim Partisipan (24 koin zinc-alloy berbentuk segi tujuh)

2. Seri Koin Kota Tuan Rumah (12 batangan balok tipis emas)

3. Seri Koin Wasit untuk Pengundian Kick-Off (satu koin dilengkapi plakat mika sebagai placeholder)

4. Seri International Mint (8 koin perak, 6 koin emas, 2 koin kuningan)

5. Seri Koin Trofi UEFA European Championship (2 koin perak, 2 koin emas, 2 koin kombinasi emas-perak)

Untuk seri tim partisipan meski nilai per keping hanya sekitar 20 pence atau dua ribu rupiah, namun seri ini hanya dicetak 10 ribu keping dan tidak dijual satuan, sehingga nilai resmi satu setnya saat ini saja secara total hanya Rp 48 ribu. Koin yang dirilis oleh negara Gibraltar tersebut berdiameter empat centimeter dengan berat masing-masing 28 gram.

Kemewahan mulai terasa di seri koin kedua Euro 2020 karena berupa batangan emas dengan nilai tukar resmi masing-masing batang emas adalah 1 pound alias Rp 20 ribu, padahal tiap batang memiliki berat setengah gram dengan kadar emas 90%. Dengan menakar nilai intrinsik emas tiap batang saja, saat ini dalam rupiah harga emas yang terkandung di dalamnya adalah sekitar Rp 420 ribu.

Uniknya lagi, dalam seri ini masih ada batang emas yang mewakili Dublin sebagai kota tuan rumah, yang telah resmi mengundurkan diri. Seri ini pun harganya bakal meroket karena dicetak sebanyak 10 ribu buah saja.


Koin Tos Wasit Paling Unik

Bila kedua seri di atas terbilang rutin diterbitkan di setiap kejuaraan, koin wasit untuk melakukan tos-tosan di asal pertandingan justru baru kali ini dijual sebagai barang komemoratif. Imbasnya, nilainya pun bakal naik karena terbilang istimewa dalam perayaan 60 tahun kejuaraan bergengsi ini. Koin ini berukuran besar dengan diameter 39 milimeter dan berat 28,4 gram dengan terbuat dari tembaga berlapis perak

Dalam seri international mint ada lima mata uang dari empat negara yang terangkum di dalamnya, yaitu Spanyol (kombinasi emas-perak, 27 gram, 40 mm, nilai tukar 100 euro, dicetak 6 ribu keping), Portugal (kombinasi perak-emas, 12 gram, 28 mm, nilai tukar 2,5 euro, dicetak 5 ribu keping), Rusia (kombinasi perak-emas, 8 gram, dicetak 2 ribu keping), Hongaria (alloy perak-tembaga-nikel, 31 gram, 38 mm, nilai tukar 10 ribu HUF, dicetak 5 ribu keping), dan Belgia (kuningan, 11 gram, 26 mm, nilai tukar 2,5 euro, dicetak 50 ribu keping). Menariknya hanya seri Rusia dan Belgia yang memiliki tahun rilis pada 2021 dan selebihnya di 2020.

Terakhir adalah seri koin bergambar trofi Euro 2020 yang dalam satu setnya memiliki dua jenis koin. Koin trofi yang terbuat dari emas memiliki berat setengah gram dengan diameter 11 milimeter. Nilai tukarnya adalah 1 pound (Rp 20 ribu) dan dicetak sebanyak 5 ribu keping. Sementara itu untuk koin trofi yang terbuat dari perak berukuran lebih besar dengan diameter 39 milimeter (28,35 gram) dan bernilai tukar 1 pound yang dicetak sebanyak 10 ribu keping.

Bila pembaca ingin memiliki koin ini, belilah seri yang berupa batang emas karena nilainya terjamin secara intrinsik dan komemoratif. Pembelian bisa dilakukan secara daring di https://www.mdm-wholesale.com/ uefa-euro-2020. Selamat berbelanja!


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Messi Tanpa Klub

Breaking News Liga Spanyol! Mulai Hari Ini Lionel Messi Tidak Punya Klub

Bola.com 2021-07-01 06:55:00
Striker Barcelona, Lionel Messi dikepung pemain Real Madrid pada lanjutan Liga Spanyol 2020/2021 dalam laga bertajuk El Clasico, Minggu (11/4/2021) dini hari WIB. (JAVIER SORIANO / AFP)

Lionel Messi telah meninggalkan Barcelona dan menjadi pengangguran. Ini adalah kalimat yang tidak akan pernah ingin dibaca oleh para penggemar Barca, tetapi itu adalah kebenarannya.

Per Kamis, 1 Juli 2021, kontrak Lionel Messi dengan Barcelona, klub yang telah ia bela sejak masih jadi remaja jerawatan itu telah berakhir. Megabintang asal Argentina itupun kini tak memiliki klub.

Tapi tenang, bukan berarti La Pulga tak bisa kembali membela Barcelona. Manajemen The Catalan Giants tetap yakin bahwa Messi akan memperbarui kontraknya dengan klub dan melanjutkan untuk dua musim lagi, walaupun situasinya jauh dari ideal.

Lionel Messi berusia 34 tahun pada minggu lalu, dan mungkin sudah melewati masa-masa jayanya. Akan tetapi, ia masih dianggap sebagai satu dari beberapa pemain terbaik di dunia saat ini.

Argentina saat ini berada di Copa America, dan Lionel Messi masih jadi pemimpin timnya. Ia telah mencetak tiga gol dan menyumbangkan dua assist dalam empat penampilan sejauh ini. Bersama Barcelona musim lalu, ia mencetak 30 gol dan menyumbang sebelas assist dalam 35 penampilan.


Barcelona Aktif di Bursa Transfer

Memphis Depay (Lyon), Sergio Aguero (Manchester City), dan Eric Garcia (Manchester City) merupakan tiga pemain baru Barcelona yang didatangkan secara cuma-cuma.

Adapun Emerson Royal ditebus dari Real Betis dengan dana transfer mencapai 9 juta euro. Berdasarkan laman transfermarkt, harga pasar bek kanan itu mencapai 25 juta euro.

Dua pemain dari Barcelona B juga promosi ke tim utama. Keduanya, Alex Collado dan Inaki Pena, sama-sama berusia 22 tahun.

Sumber: BBC


Posisi Barcelona Akhir Musim Lalu


Video

Sancho Milik MU

Liga Inggris: Resmi, Manchester United Umumkan Transfer Jadon Sancho

Bola.com 2021-07-01 21:45:36
Gelandang Dortmund, Jadon Sancho berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid pada pertandingan grup A Liga Champions di stadion BVB di Dortmund, Jerman (24/10). Guerreiro menceta

Saga panjang transfer Jadon Sancho dengan Manchester United akhirnya menjadi kenyataan juga. Setelah tahun lalu gagal, Setan Merah kini sudah berhasil menggenggam sang pemain dari Borussia Dortmund.

Manchester United resmi mendapatkan pembelian pertama mereka di musim panas ini. Setan Merah mengonformasi transfer Jadon Sancho dari Borussia Dortmund, Kamis (1/7/2021).

Gosip ketertarikan Manchester United terhadap Sancho sudah beredar sejak 2020. Ole Gunnar Solskjaer dilaporkan sudah lama kesengsem dengan winger berusia 20 tahun itu.

"Manchester United dengan gembira mengumumkan bahwa kami sudah mencapai kesepakatan dengan Borussia Dortmund terkait transfer Jadon Sancho," bunyi pernyataan resmi MU.

Berdasarkan pernyataan resmi MU tersebut, pengesahan Sancho sebagai pemain mereka masih butuh waktu.

Mereka menunggu sang pemain selesai bertugas lebih dahulu di Euro 2020. Setelah itu Manchester United baru menuntaskan transfer Jadon Sancho.

Sang winger dijadwalkan akan melakukan tes medis dan penandatanganan kontrak setelah ia tugasnya bersama The Three Lions di Euro 2020.

Dalam laporan tersebut, Manchester United tidak mengumumkan berapa mahar yang harus mereka bayarkan untuk merekrut Sancho. MU kabarnya akan menyicil mahar transfer Sancho sebanyak lima kali dalam jangka waktu lima tahun.

Menurut gosip yang beredar, Sancho sudah mengajukan nomor punggung yang ingin ia kenakan di Manchester United. Ia kabarnya ingin menggunakan nomor punggung tujuh di Old Trafford.


Borussia Dortmund Juga Sudah Beri Pengumuman

Borrusia Dortmund akhirnya resmi mengonfirmasi penjualan Jadon Sancho ke Manchester United. Sang pemain akan gabung ke MU setelah merampungkan tugasnya bersama Timnas Inggris di Euro 2020.

Menurut Dortmund, Manchester United telah setuju memboyong Jadon Sancho dengan banderol 73 juta pounds atau setara Rp1,46 triliun.

Borussia Dortmund membuat pengumuman soal transfer itu pada Kamis pagi waktu setempat, yang juga mengkonfirmasi Sancho telah menyetujui persyaratan pribadi dengan United. Transfer akan diselesaikan setelah Sancho menjalani tes medis.

"Jadon Sancho akan pindah dari Borussia Dortmund ke Manchester United Football Club Limited," demikian bunyi pengumuman tersebut, seperti dikutip Sky Sports.

"Kedua klub dan pemain mencapai kesepakatan tentang itu pada hari ini. Jika transfer terealisasi, Manchester United akan membayar BVB biaya transfer sebesar 85 juta euro."

"Perincian kontrak sekarang harus dikoordinasikan dan didokumentasikan. Pemrosesan formal transfer juga tunduk pada penyelesaian semua tes dan pemeriksaan medis yang diperlukan, prosedur koordinasi dengan klub sebelumnya dan pemrosesan yang pas dan tepat waktu sesuai dengan ketentuan Sistem Transfer FIFA," imbuh Dortmund soal penjualan Jadon Sancho.

Sumber: MUFC, Sky Sport

Disadur dari: Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, published 1/7/2021)


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Mbappe Memble

Kylian Mbappe yang Memble di Euro 2020, Statistik Ini Jadi Buktinya

Bola.com 2021-06-29 16:19:48
Kiper Yann Sommer sukses menjadi penentu kemenangan Swiss atas Prancis di babak 16 besar Euro 2020. (AP Photo/Vadim Ghirda, Pool)

Harapan tinggi mengiringi kiprah Kylian Mbappe bersama Timnas Prancis di Euro 2020. Namun, kenyataan berkata lain. Striker PSG tersebut malah melempem di turnamen bergengsi empat tahunan itu.

Kualitas Kylian Mbappe tak perlu diragukan lagi. Dia menjadi superstar di PSG, selama beberapa musim terakhir. Namanya adalah jaminan permainan berkualitas dan lahirnya gol.

Namun, semua itu tidak terlihat di Euro 2020. Padahal dia digadang-gadang mengantar Prancis menjuarai turnamen tersebut. Prancis adalah salah satu favorit juara dan memiliki skuad yang mentereng, termasuk Mbappe.

Les Bleus malah tersingkir di babak 16 besar setelah kalah adu penalti 4-5 kontra tim underdog, Swiss. Pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti karena hingga perpanjangan waktu berakhir skor seri 3-3.

Prancis sebenarnya sudah diambang kemenangan, karena sempat unggul 3-1. Tetapi, Swiss pantang dan menyamakan skor.

Kylian Mbappe menjadi sorotan karena menjadi penentu kekalahan Les Bleus. Dia maju sebagai penendang kelima dan tendangannya ditepis kiper Swiss.

Statistik menunjukkan, performa Kylian Mbappe sepanjang Euro 2020 jauh dari mengesankan. Seperti apa statistiknya?


Statistik Mbappe

Menurut Opta, Kylian Mbappe menjadi pemain dengan tembakan terbanyak (14) yang tak mencetak gol dibanding pemain lain sepanjang Euro 2020.

14 & 0 - Kylian Mbappe has had more shots (14) without scoring than any other player at #EURO2020 so far (excluding shootouts). Uncharacteristic. pic.twitter.com/r5xdsgP6Kk

Ya, Mbappe gagal mempersembahkan gol untuk Prancis sepanjang perhelatan Euro 2020. Menurut Transfermarkt, Mbappe hanya mencatatkan dua assist sepanjang empat pertandingan sejak fase grup hingga 16 besar.

Kilau Mbappe tak secerah di Piala Dunia 2018. Saat itu, dia bahkan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik. Adapun di level klub, musim lalu ia membawa PSG lolos ke final Liga Champions.

Euro 2020 benar-benar momen yang mungkin ingin segera dilupakan oleh Kylian Mbappe.

Sumber: Opta, Transfermarkt


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Persija ke Persib

Marc Klok dan 3 Pemain yang Pernah Tinggalkan Persija demi Persib

Bola.com 2021-07-01 09:30:20
Ilustrasi - Pemain Persija Jakarta yang Gabung Persib Bandung (Bola.com/Adreanus Titus)

Persib Bandung menambah amunisi baru jelang kompetisi Liga 1 2021/2022. mengumumkan bergabungnya pemain naturalisasi, Marc Klok, Rabu (30/6/2021), yang sebelumnya merupakan gelandang andalan Persija Jakarta di Piala Menpora 2021.

Bergabungnya Marc Klok diumumkan Persib Bandung melalui media sosial. Pemain berusia 28 tahun ini diikat kontrak dengan durasi empat tahun.

Perpindahan Marc Klok ke Persib sempat trending di media sosial. Hal ini tidak lepas dari keputusan Marc Klok yang berlabuh ke Persib setelah hengkang dari Persija Jakarta.

Persib dan Persija memang punya sejarah rivalitas panjang di sepak bola Indonesia. Persaingan panas kedua tim tidak hanya terjadi di dalam lapangan tapi juga di luar lapangan, dalam hal ini suporter.

Kelompok suporter Viking Persib Club dan The Jakmania diketahui memiliki hubungan kurang baik selama bertahun-tahun dan mencoba untuk memperbaikinya dalam beberapa tahun terakhir. Harus diakui tidak jarang bentrokan terjadi jika kedua suporter ini bertemu.

Maka dari itu, pemain yang hijrah dari Persija ke Persib atau sebaliknya mendapatkan cap sebagai penghianat. Meskipun dalam sepak bola perpindahan pemain merupakan hal yang lumrah.

Marc Klok bukan pemain kontroversial pertama yang pindah dari Persija ke Persib. Jauh sebelumnya perpindahan tersebut juga pernah terjadi. Bola.com coba merangkum perpindahan kontroversial pemain Persija yang akhirnya memutuskan bergabung bersama Persib Bandung.


Atep

Pria kelahiran 5 Juni 1985 ini merupakan didikan Persib junior. Namun, karier profesional Atep bukanlah bersama Persib Bandung, tapi dimulai ketika membela Persija Jakarta pada musim 2004.

Atep mendapat tawaran untuk memperkuat Macan Kemayoran saat menjadi bagian Timnas Indonesia U-18. Tidak berpikir panjang, Atep langsung menerima pinangan Persija.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 7 ini membela Persija selama empat musim hingga 2008. Bahkan, penampilan gemilang Atep bersama Persija membuatnya menjadi idola The Jakmania.

Tak hanya itu, Persib juga rupanya tertarik ingin mendatangkan Atep. Akhirnya, Atep memutuskan untuk membela Persib pada musim 2008.

Bobotoh pun menyambut baik kehadiran Atep. Tapi, setelah bergabung dengan Persib, Atep kesulitan mendapat satu tempat di tim utama karena kalah bersaing dengan Gilang Angga.

Seiring berjalannya waktu Atep menjadi tumpuan Persib di sektor sayap. Hingga akhirnya dia sukses membawa skuad Maung Bandung merengkuh gelar juara Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015.


Aliyudin

Pemain kelahiran 7 Mei 1980 ini sempat menjadi tumpuan lini serang Persija Jakarta. Aliyudin tercatat membela Macan Kemayoran pada kurun 2007-2011 dan sempat membentuk trio ABG bersama Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo.

Kemampuannya dalam menggocek lawan membuat The Jakmania kagum. Empat tahun berseragam Macan Kemayoran, Aliyudin sukses mencatatkan 35 gol dari 83 pertandingan.

Pemain yang mengawali karier juniornya bersama PS Indocement Cirebon ini kerap menjadi duet Bambang Pamungkas, hingga menjadi trisula bersama Greg Nwokolo. Namun, Aliyudin mengambilnya keputusan mengejutkan dengan hengkang ke Persib Bandung pada musim 2011.

Perfoma ciamik bersama Persija ternyata berulang saat memperkuat Persib. Kariernya justru meredup, dia hanya mencetak 2 gol dari 27 pertandingan.


Tony Sucipto

Pemain kelahiran Surabaya ini sempat membela Persija Jakarta pada musim 2010/2011. Bermain di bawah asuhan Rahmad Darmawan, Tony menjadi andalan Persija di lini tengah.

Selama memperkuat Macan Kemayoran, Tony mengoleksi 2 gol dari 24 pertandingan. Kemudian pemain berusia 35 tahun ini hijrah ke Persib Bandung.

Kepindahannya ke Persib membuat suporter The Jakmania kecewa. Bahkan, Tony dicap sebagai penghianat oleh The Jakmania karena bergabung dengan Persib.

Keputusan Tony bergabung dengan Persib ternyata tepat. Dia sukses mengantarkan Persib menjadi juara Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015.

Tony memperkuat Persib selama delapan musim dari 2011 hingga 2018. Namun, Tony kembali mengambil keputusan mengejutkan dengan kembali memperkuat Persija Jakarta hingga sekarang dan sudah mempersembahkan gelar juara Piala Menpora 2021.


Video

Pemain Uzur Terancam

Liga 1 Kembali Tertunda, Masa Depan 5 Pemain Gaek Ini Terancam?

Bola.com 2021-07-01 10:00:13
Ilustrasi - Pemain Tua yang Kariernya Terancam Tamat Jika Liga 1 Tertunda (Bola.com/Adreanus Titus)

Kompetisi sepak bola Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2, harus kembali tertunda lantaran angka COVID-19 yang melonjak drastis dalam beberapa hari terakhir.

PSSI menerima surat dari Satgas COVID-19 yang ditandatangani Kepala BNPB, yang mengharapkan agar pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 ditunda sampai akhir Juli. PSSI pun memutuskan menunda seluruh rencana kegiatan kompetisi.

Padahal dalam jawdal yang sudah disusun, pertemuan antara Persija Jakarta dan PSS Sleman di Stadion Pakansari pada 9 Juli mendatang bakal menjadi partai pembuka kompetisi Liga 1 musim ini. Ini tentu menjadi pukulan bagi seluruh publik sepak bola Indonesia, terutama para pemain.

Tidak hanya para pemain muda yang ingin unjuk gigi, tapi berlaku bagi para pemain yang sudah berumur. Padahal mereka masih ingin membuktikan kariernya belum tamat.

Para pemain gaek itu masih ingin bersaing keras untuk mempertahankan posisinya di tengah begitu banyak pemain muda yang terus bermunculan. Namun, jam terbang dan pengalaman mereka memang menjadi nilai plus.

Bola.com memiliki ulasan menarik mengenai mereka yang sudah berusia senja di lapangan sepak bola, tapi harus menghadapi kenyataan kompetisi molor lagi. Ada lima pemain gaek yang bukan tidak mungkin terancam kariernya jika Liga 1 terus ditunda. Siapa saja mereka?


Ricardo Salampessy

Pemain yang cukup lama membela Persipura Jayapura, tepatnya pertama kalinya pada 2006 silam. Pemain berusia 37 tahun ini sempet bergonta-ganti klub, seperti Persebaya 1927 dan Borneo FC, meski pada akhirnya tetap kembali ke rumahnya, Persipura.

Pemain kelahiran 18 Februari 1984 ini hampir selalu menjadi pilihan utama di sektor bek sentral tim Mutiara Hitam. Bahkan saat Persipura mengalami pergantian pelatih, ia mampu mempertahankannya posisinya, termasuk saat ia menjadi tumpuan bagi lini belakang Timnas Indonesia pada masanya.

Ricardo Salampessy masih dapat bersaing dengan bek-bek muda Persipura saat ini untuk tampil secara reguler di Liga 1, di antaranya Doni Monim, David Rumakiek, Emanuel Rumbiak, Evraim Toncy Awes, atau Israel Warniau.


Maman Abdurrahman

Bek kawakan andalan Persija Jakarta yang seperti tua-tua keladi. Pemain berusia 39 tahun tersebut memang tidak lagi muda, tapi aksinya di atas lapangan bakal membuat pertahanan Macan Kemayoran cukup aman, tak terkecuali jika Liga 1 bergulir.

Meskipun sudah tak lagi muda, tapi Maman masih mampu menunjukkan performa terbaik di lini belakang. Maman berhasil mendapatkan kepercayaan dari pelatih Persija, terutama saat tampil di ajang Piala Menpora 2021.

Maman bisa bersaing dengan bek tangguh Persija lainnya, seperti Otavio Dutra atau Yann Motta. Kontribusinya nyata, meski sempat cedera, Maman berhasil membuat Persija juara Piala Menpora.


I Made Wirawan

Penjaga gawang yang sudah malang melintang di Liga Indonesia, khususnya kiprahnya bersama Persib Bandung. Bahkan I Made Wirawan menyandang predikat sebagai kiper tertua di Liga 1 saat ini, dengan usianya yang memasuki 39 tahun.

Made Wirawan merupakan kiper berusia 38 tahun. Meskipun sudah tak lagi muda, I Made Wirawan masih mampu memberikan performa terbaik di bawah mistar gawang. Meski saat ini bersaing dengan kiper muda, Teja Paku Alam.

Catatan impresif ditunjukkan kiper senior Persib ini pada Shopee Liga 1 musim 2019. Ia berhasil mencetak clean sheets 12 kali sepanjang musim. Sementara di pramusim ini, I Made Wirawan tetap menjadi kiper utama Persib hingga ke partai final Piala Menpora.


Supardi Nasir

Pemain berusia 38 tahun ini menjadi andalan di sektor pertahanan Persib Bandung. Kualitasnya belum pudar meski harus bersaing dengan bek kanan yang jauh lebih muda di Persib, semacam Henhen Herdiana.

Eks pemain PSMS Medan tersebut bergabung dengan persib sejak musim 2012. Prestasi terbaiknya adalah membawa Persib juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2017.

Supardi Nasir adalah bek sayap kanan andalan Persib, bahkan ia masih dipercaya oleh pelatih Robert Alberts tampil saat turnamen Piala Menpora lalu. Maung Bandung sukses mencapai babak final sebelum dikalahkan Persija Jakarta.


Ismed Sofyan

Putra daerah Aceh yang menjadi pemain paling tua di Liga 1 saat ini. Usianya yang sudah menginjak 41 tahun, tidak membuat Persija Jakarta melupakannya. Ia punya sejarah panjang dan pencapaian menawan bersama Macan Kemayoran.

Ismed Sofyan menjadi pemain paling awet di Persija, sejak bergabung dari Persijatim pada 2005. Ismed juga sukses membawa Persija mengawinkan gelar juara Piala Presiden dan Liga 1 pada 2018.

Saat ini, ia lebih banyak diparkir, termasuk saat Persija menjuarai Piala Menpora kemarin. Meski demikian, Ismed belum mau memutuskan untuk gantung sepatu pada musim ini. Ia punya tekad kuat bersaing dengan pemain muda lain di posisinya, seperti Alfath Fathier atau pemain asal Italia, Marco Motta.


Video

Kisah Legenda MotoGP dan Superbike

Foto Trivia: 10 Pembalap yang Pernah Kantongi Podium di MotoGP dan Superbike

Bola.com 2021-07-02 18:13:00
Mick Doohan mengikuti ajang balap Superbike pertama dan satu-satunya pada tahun 1988. Ia sukses menyabet tiga kemenangan dari empat balapan. Berkat prestasinya, ia direkrut oleh tim Honda pad
Mick Doohan mengikuti ajang balap Superbike pertama dan satu-satunya pada tahun 1988. Ia sukses menyabet tiga kemenangan dari empat balapan. Berkat prestasinya, ia direkrut oleh tim Honda pada tahun 1989. Pada tahun 1998 ia berhasil menjadi juara dunia di MotoGP. (Foto: AFP/John Morris)
Ben Spies merupakan juara dunia Superbike 2009. Karirnya di MotoGP berawal ketika dirinya ditunjuk oleh Yamaha karena hengkangnya pembalap andalan mereka Valentino Rossi. Ia berhasil naik podium sebanyak 14 kali dengan total 462 poin pada musim debutnya. (Foto: AFP/Andrew Yates)
John Kocinski memulai debutnya di MotoGP setelah dirinya berhasil menyabet gelar juara dunia di kelas 250 cc. Ia langsung bertengger di peringkat keempat klasemen. Pada tahun 1996, ia pindah ke Superbike dan ia menduduki juara dunia pada musim berikutnya. (Foto: AFP/Upali Aturugiri)
Cal Crutchlow mengawali karirnya di Superbike dan pada musim 2010 ia berhasil podium sebanyak tiga kali hingga membuatnya menempati urutan kelima klasemen. Semusim berselang ia pindah ke MotoGP, dan baru meraih kemenangan di tahun 2016 dengan total dua kali race. (Foto: AFP/Karim Jaafar)
Nicky Hayden adalah juara dunia MotoGP pada tahun 2006, mematahkan dominasi Rossi dalam lima musim sebelumnya. Hayden awalanya berkarir di Superbike di tahun 2002. Ia kembali lagi ke Superbike pada tahun 2016 dan sukses meraih podium pada musim debutnya. (Foto: AFP/Javier Soriano)
Carlos Checa meraih podium pertamanya di MotoGP pada musim 1996 di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Karirnya di MotoGP tak begitu bagus dan ia memilih pindah ke Superbike pada tahun 2008. Nasib berbeda ketika di Moto GP, ia malah menyabet gelar juara dunia pada tahun 2011. (Foto: AFP/Glyn Kirk)
Marco Melandri sukses bertengger di posisi kedua MotoGP pada tahun 2005 dibawah Rossi. Penampilannya di balap bergengsi itu semakin menurun dan ia memutuskan pindah ke ajang Superbike. Keputusannya tak salah, ia berhasil posisi runner up di musim pertama debutnya. (Foto: AFP/Kirill Kudryavtsev)
Troy Bayliss merupakan legenda di ajang balap motor Supebike. Ia telah tiga kali memangi kejuaraan tersebut (2001, 2006, dan 2008). Ia pernah menjajal ajang MotoGP di tahun 2002 dan berhasil meraih tiga podium, namun karirnya tak membaik dan kembali ke Superbike. (Foto: AFP/Carl De Souza)
Max Biaggi sempat menjadi rival Valentino Rossi di awal karirnya di MotoGP. Ia meraup total 13 podium di ajang balap tersebut. Karena tak kunjung meraih gelar juara The Roman Emperor (julukan Biagi) berpindah ke Superbike dan sukses menyabet dua kali gelar juara dunia. (Foto: AFP/Frank Perry)
Makoto Tamada mangawali karir di Superbike dan podium pertamanya pada tahun 2001. Prestasinya itu membuat pabrikan Honda merekrutnya untuk berlaga di MotoGP. Tak salah ia langsung meraih podium di musim debut pertamanya ketika GP Brasil. (Foto: AFP/Kazuhiro Nogi)

Ujian Baru Timnas

2 Agenda Besar Timnas Indonesia Tahun Ini: Ujian Baru Shin Tae-yong

Bola.com 2021-06-28 10:00:41
Kolase - Timnas Indonesia Vs Vietnam Vs Thailand Vs UEA (Bola.com/Adreanus Titus)

Usai sudah gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang diikuti Timnas Indonesia. Hasilnya belum memuaskan, namun secercah harapan itu tetap ada menyambut dua ajang internasional bergengsi lainnya tahun 2021 ini.

Timnas Indonesia telah menuntaskan perjuangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan hasil satu kali seri dan tujuh kali kalah yang membuat mereka mendekam di dasar klasemen Grup G dengan satu poin.

Dari delapan penampilan, Tim Garuda juga hanya mampu mengemas lima gol dan kebobolan 27 kali. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menatap positif hasil yang didapat.

"Mayoritas pemain muda telah memberikan warna baru untuk Timnas Indonesia meski belum meraih hasil maksimal," kata Mochamad Iriawan dinukil dari situs PSSI.

Adapun masih ada sedikitnya dua turnamen internasional yang akan diikuti Timnas Indonesia. Mochamad Iriawan optimistis Timnas Indonesia bisa menunjukkan perbaikan.

"Tim ini disiapkan untuk ajang SEA Games 2021, Piala AFF 2021, dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Pemain harus tetap semangat dan memetik pelajaran di tiga pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini," ungkap pria yang karib disapa Iwan Bule itu.


Piala AFF 2021

Turnamen ini awalnya dijadwalkan berlangsung dari 23 November hingga 31 Desember 2020. Namun ditunda dan dijadwal ulang setidaknya dua kali karena pandemi COVID-19.

Setelah dijadwalkan ulang untuk berjalan dari 11 April hingga 8 Mei 2021, Piala AFF diundur lagi menjadi 5--31 Desember 2021. Undian babak grup rencananya digelar antara 5 sampai 10 Agustus.


SEA Games 2021

Sayang, kejelasan mengenai tanggal SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, masih abu-sabu. Pada Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF) yang berlangsung virtual pada Rabu (9/6/2021), tuan rumah mengusulkan penundaan.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan NOC Vietnam menyampaikan keinginan untuk menunda SEA Games edisi ke-31 ini ke pertengahan tahun depan. Vietnam mengusulkan pesta olahraga dua tahunan se-Asia Tenggara ini dilaksanakan pada medio Mei atau Juni 2022.

Alasan penundaan dikarenakan kasus COVID-19 di Vietnam tengah meningkat. Namun, tujuh dari 11 negara peserta SEAGF yaitu Indonesia, Brunei, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand menolak usulan tersebut. Myanmar setuju penundaan SEA Games 2021. Sedangkan Laos dan Timor Leste mengikuti apa pun keputusan yang ditetapkan SEAGF.

Pada 2022, Indonesia setidaknya bakal mengikuti tiga multievent olahraga, yaitu Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) Bangkok, Islamic Solidarity Games (ISG) Konya, serta Asian Games Hangzhou. Oleh karena itu, penundaan SEA Games 2021 ditolak tegas.

Adapun Timnas Indonesia cabang olahraga sepak bola bakal mengulang performa gemilang pada SEA Games 2019 Filipina dengan lolos ke partai final. Sayang, Egy Maulana Vikri dkk. kalah dengan skor 0-3.


Video

Egy Tinggalkan Gdansk

Kontrak Tak Diperpanjang, Egy Maulana Vikri Resmi Tinggalkan Lechia Gdansk

Bola.com 2021-06-30 19:45:23
Egy Maulana Vikri menyumbang satu gol dan satu assists ketika Lechia Gdansk menang 9-1 atas Olimpia Grudziadz pada laga uji coba, Selasa (19/1/2021). (Lechia Gdansk).

Egy Maulana Vikri resmi meninggalkan Lechia Gdanks pada Rabu (30/6/2021). Kepastian itu diambil setelah kontrak Egy tak diperpanjang oleh klub Polandia tersebut.

Egy Maulana Vikri menuliskan ucapan perpisahan pada seluruh pihak di Lechia Gdansk. Egy mengucapkan terima kasih atas waktu yang luar biasa selama tiga tahun membela Lechia Gdansk.

"Pelatih, ofisial, rekan satu tim, dan semua pendukung, terima kasih banyak untuk momen dan pengalaman luar biasa selama 3 tahun ini," tulis Egy Maulana Vikri dalam di akun Instagram miliknya.

Egy juga berharap Lechia Gdansk bisa menjadi juara pada Ekstraklasa 2021/2022. Seperti diketahui, musim lalu Lechia Gdansk hanya mampu finis di peringkat ketujuh pada klasemen akhir.

"Saya berharap yang terbaik untuk musim ini. Berharap menjadi juara liga tahun ini," tegas Egy Maulana Vikri.

Selama tiga tahun berseragam Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri hanya mencatatkan 132 menit bermain di tim senior. Jumlah itu dikumpulkan Egy dalam 11 pertandingan di berbagai ajang.


Masih Misteri

Hingga saat ini belum diketahui ke mana Egy Maulana Vikri akan melanjutkan karier. Agen sang pemain, Dusan Bogdanovic, pernah berucap klub baru Egy akan diketahui pada Juli 2021.

Sejauh ini, pihaknya akan terbuka pada segala kemungkinan untuk Egy. Bisa saja Egy melanjutkan karier di Eropa atau kembali ke Indonesia.

"Semua kemungkinan masih terbuka untuk Egy Maulana Vikri. Pada Juli 2021, kami akan mengumumkan status Egy Maulana Vikri," tegas Dusan Bogdanovic.


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Kroos Pensiun?

Timnas Jerman Tersingkir dari Euro 2020, Toni Kroos Berencana Pensiun

Bola.com 2021-06-30 21:45:43
Toni Kroos bakal jadi pemimpin di squad Jerman sebagai pemain senior di Euro 2020 / 2021 (Christof Stache/AFP)

Toni Kroos gagal membawa Timnas Jerman melenggang ke perempat final Euro 2020. Selepas Jerman tersingkir, Kroos dikabarkan Bild berencana untuk gantung sepatu dari timnas.

Pemain Real Madrid tersebut merupakan sosok penting di lini tengah Timnas Jerman pada ajang Euro 2020. Toni Kroos selalu tampil selama 90 menit dari empat pertandingan yang dijalani Die Mannschaft di Piala Eropa.

Sayangnya, Kroos tampil kurang meyakinkan di Euro 2020. Dari empat pertandingan yang dijalani bersama Timnas Jerman, Toni Kroos gagal mencetak gol ataupun assist.

Kurang okenya penampilan pemain berusia 31 tahun tersebut berdampak kepada pencapaian Jerman di Piala Eropa. Die Mannschaft gagal lolos ke perempat final karena kalah 0-2 dari Inggris di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB.

Sepasang gol Inggris disarangkan Raheem Sterling pada menit ke-75 dan Harry Kane menit ke-86. Alhasil, Timnas Jerman lagi-lagi gagal merengkuh trofi Euro yang terakhir kali diraih pada 1996.


Berencana Pensiun

Setelah Jerman gagal di Euro 2020, Toni Kroos dikabarkan ingin pensiun dari laga internasional. Apalagi, pelatih anyar Timnas Jerman, Hansi Flick, lebih memilih pemain-pemain muda untuk menghuni lini tengah.

Kroos sebenarnya sudah berniat mundur dari Timnas Jerman sebelum Piala Eropa. Namun, hal tersebut urung dilakukan karena masih ingin membawa Die Mannschaft merengkuh trofi juara Piala Eropa.

Dengan memutuskan pensiun, Toni Kroos telah menorehkan 106 caps mencetak 17 gol dan 19 assist bersama Timnas Jerman. Sejauh ini, prestasi terbaik Kroos bersama Jerman adalah menjuarai Piala Dunia 2014.

Sumber: Bild


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Persis Punya 10

Liga 2: Persis Solo Resmi Rekrut Ferdinand Sinaga, Kini Punya 10 Striker

Bola.com 2021-06-30 20:45:43
Ferdinand Sinaga resmi gabung Persis Solo, Rabu (20/6/2021). (Dok Persis Solo)

Tim Sultan Liga 2, Persis Solo, kembali menunjukkan kekuatan besar dalam belanja pemain. Tak tanggung-tanggung, mantan bomber Persib Bandung, Ferdinand Sinaga resmi dikontrak, Rabu (30/6/2021).

Penundaan kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2, tak memengaruhi manajemen Persis Solo yang terus memperkuat tim. Ferdinand Sinaga secara resmi menjadi rekrutan ke-40 Persis di musim 2021 ini.

Sebelumnya, rumor kepindahan Ferdinand Sinaga ke Persis sudah tercium ketika mengundurkan diri dari Persib. Saat itu, eks pemain PSM Makassar dikaitkan antara bergabung dengan Persis atau AHHA PS Pati.

Hingga akhirnya secara resmi ia memilih Laskar Sambernyawa (julukan Persis) sebagai pelabuhan barunya. Ia semakin melengkapi mewahnya skuad Persis sebagai tim raksasa Liga 2.

Walaupun berkiprah di Liga 2, jebolan PPSM Magelang tersebut punya alasan kuat memilih Persis. Ia mengatakan adanya kesesuaian visi, misi, dan target yang dicanangkan Persis menjadi bahan pertimbangannya bergabung.

"Saya memutuskan bergabung karena saya senang dengan visi dan misi Persis Solo. Apalagi dengan target yang tahun ini yakni promosi ke Liga 1. Jadi saya merasa tertantang untuk memberikan yang terbaik," terang Ferdinand Sinaga.


Siap Bersaing

Kehadiran Ferdinand Sinaga membuat skuad Persis semakin gemuk. Khususnya di barisan penyerangan, yang sebelumnya sudah ada 12 pemain yang punya [punya kecenderungan bermain menyerang.

Namun, berdasarkan posisi, Ferdinand menjadi striker ke-10 yang dimiliki Persis. Daftar lengkapnya adalah Alberto Goncalves, Irfan Jauhari, Rivaldi Bawuo, Yussa Nugraha, Marinus Manewar, Assanur Rijal, Azka Fauzi, Heri Susanti, Wahyu Agung, dan terbaru Ferdinand Sinaga.

Namun melihat kualitas dan jam terbangnya, Ferdinand Sinaga diyakini tak bakal kesulitan beradaptasi dengan permainan Persis. Dirinya tertantang menembus skuat utama asuhan Eko Purjianto.

"Justru itu bagus untuk semua pemain. Semakin banyak pemain maka persaingan juga semakin sehat. Sehingga dari pelatih mudah untuk memilih siapa yang turun," ungkap eks bomber Timnas Indonesia itu.

"Saya akan memberikan yang terbaik di setiap latihan dan pertandingan," tandasnya.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

De Boer Mundur

Buntut Kegagalan di Euro 2020, Frank De Boer Resmi Mundur dari Pelatih Timnas Belanda

Bola.com 2021-06-29 22:05:59
Pelatih Belanda, Frank de Boer merayakan kemenangan 2-0 atas Latvia usai berakhirnya laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup G di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Sabtu (27/3/2021).

Frank De Boer resmi berpisah dengan Timnas Belanda hanya beberapa hari setelah De Oranje tersingkir dari Euro 2020.

Frank De Boer baru sekitar satu tahun ditunjuk menjadi pelatih Timnas Belanda. Ia menggantikan posisi Ronald Koeman yang pindah ke Barcelona.

De Boer berhasil membawa Belanda lolos ke Euro 2020. Namun sayang perjalanan Die Oranje terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan oleh Republik Ceska.

Melalui laman resmi mereka, Selasa (29/6/2021), KNVB mengumumkan Frank De Boer mundur dari jabatannya selaku pelatih Timnas Belanda.

"Setelah adanya konsultasi antara Nico-Jan Hoogma, Eric Gudde, Frank De Boer dan agennya Guido Albers siang ini, semua pihak bersepakat untuk berpisah," bunyi pernyataan resmi KNVB itu.

Menurut pernyataan resmi KNVB itu, De Boer mundur dari jabatannya karena tidak mampu memenuhi target yang dicanangkan KNVB.

"Frank De Boer telah mengumumkan bahwa ia tidak mau melanjutkan menjadi manajer Timnas Belanda," kata KNVB.


Merasa Bertanggung Jawab

"Hal ini selaras dengan kontrak yang mengikat kedua pihak, ia ditargetkan membawa Belanda ke perempat final Euro 2020. Jadi kontraknya tidak akan diperpanjang," imbuh pihak KNVB.

Menurut pernyataan resminya, De Boer memutuskan mundur karena bertanggung jawab penuh atas kegagalan Timnas Belanda di Euro 2020.

"Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan jadi pelatih tim nasional. Karena target yang ditetapkan tidak tercapai dan itu sudah jelas," kata Frank De Boer.

"Ketika saya didekati menjadi pelatih tim nasional di 2020, saya merasa bangga dan tertantang. Namun saya juga menyadari bahwa ada tekanan yang besar dan tekanan ini semakin membesar dari hari ke hari dan situasi ini tidak sehat bagi saya dan juga tim ini, terutama dalam perjalanan sepak bola Belanda di kualifikasi Piala Dunia," ujarnya.

Sumber: KNVB

Disadur dari: Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, published 29/6/2021)


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini